Pustaka

Bawa Pesawat Tanpa Izin, Pilot AU Afsel Diskors

Dibaca: 8 Oleh 30 Nov 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 
Bawa Pesawat Tanpa Izin, Pilot AU Afsel Diskors
Sebuah pesawat latih jenis Hawk milik Angkatan Udara Afrika Selatan tengah beraksi di Pameran Dirgantara Cape Town, 2010.

JOHANNESBURG, KOMPAS.com – Meminjam kendaraan operasional kantor untuk urusan pribadi pasti pernah dilakukan semua pegawai. Tapi jika seorang pilot angkatan udara meminjam pesawat terbang milik negara untuk urusan pribadi maka persoalannya akan lain.

Itulah yang dilakukan seorang perwira Angkatan Udara Afrika Selatan, Letnan NSK Bulwana. Dia nekat menggunakan sebuah pesawat Cessna 172 milik AU Afrika Selatan. Celakanya, Bulwana membawa pesawat itu tanpa pemberitahuan rencana terbang dan izin memasuki wilayah udara Botswana, negara tujuannya.

Apa yang dilakukan Bulwana di Botswana? Ternyata dia sekadar mengunjungi kawannya yang bekerja di sebuah bandara di dekat ibu kota Botswana, Gaborone.

Insiden ini tentunya sempat membuat kegaduhan antara dua negara bertetangga itu. Akibatnya, Kementerian Pertahanan Afrika Selatan langsung turun tangan menangani si perwira  nakal ini.

Menteri Pertahanan Afrika Selatan Nosiviwe Mapisa-Nqakula bahkan harus berhadapan dengan parlemen akibat masalah ini. Di hadapan parlemen, Menhan Nosiviwe mengatakan perwira angkatan udara itu sudah mendapat hukuman. Dia dilarang menerbangkan pesawat terbang hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga:  K. 89

Sumber: http://internasional.kompas.com

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel