Berita

Bekal Pengetahuan Kesehatan Gigi & Mulut Untuk PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung

Dibaca: 8 Oleh 31 Jul 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Pertemuan rutin Para Ketua serta Pengurus PIA Ardhya Garini wilayah Bakorda AU Bandung tidak seperti biasa. Lanud Husein Sastranegara yang mendapat jatah sebagai tuan rumah dalam pertemuan rutin itu dimanfaatkan oleh Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Cabang 4 Lanud Husein S, Ny. Ardhi Tjahjoko dengan memberikan Bekal Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada para undangan di Graha Antariksa Komplek Lanud Husein Sastranegara. Kamis, (30/07).

Menurut Ny. Ardhi Tjahjoko yang juga berprofesi sebagai dokter gigi mengatakan bahwa pertemuan ini selain melaksanakan halal bihalal dan silahturahmi juga sengaja diisi dengan ceramah tentang Kesehatan Gigi dan Mulut, tujuannya tidak lain agar pertemuan ini memiliki manfaat lebih yang diharapkan dapat menambah wawasan serta pengetahuan Para Ibu-ibu PIA, sekaligus bisa menerapkan dan menularkannya tentang pentingnya merawat Kesehatan Gigi dan Mulut kepada anggota PIA Ardhya Garini di satuannya dan keluarga di rumah.

Dalam ceramahnya dijelaskan bahwa Gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia, jika gigi anda bermasalah (sakit gigi) maka anda akan mengalami kesulitan berbicara, makan dan menyebabkan hari-hari anda terganggu. Jika kita mengabaikan kesehatan gigi dan mulut, maka akan menjadi sarang kuman di dalam rongga mulut yang dapat berakibat kerusakan gigi. Kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies dan peradangan yang berawal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga lama kelamaan akan terjadi pembusukan dimana kuman yang ada di rongga mulut (Lactobacillus acidophillus) mengubah sisa makanan menjadi asam.

Baca juga:  Reog Singo Dirgantoro bikin histeris di Festival Nasional Reog Ponorogo

Tambahnya pula, Selain efek yang ditimbulkan kuman juga terdapat bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi yaitu Streptococcus mutans, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan gusi sehingga bisa masuk ke aliran darah yang dapat berakibat lanjut menyebabkan peradangan di bagian tubuh lain, seperti ginjal, sendi, sakit kepala yang berkepanjangan dan organ tubuh lainnya. Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang patut diutamakan pemeliharaannya. Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut dan gigisangat wajib anda lakukan sebelum terlambat atau penyakit lain datang. Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin dan dilengkapi dengan penggunaan obat kumur dan efektif dan aman (tidak menimbulkan iritasi pada mukosa).

Hadir Pada acara pertemuan rutin PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung, Ketua PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung Ny. Robert Soter Marut, Para Ketua dan Pengurus PIA Ardhya Garini Wilayah Bakorda Bandung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel