Berita

Belajar Sejarah TNI AU dari Musdirla

Dibaca: 22 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Belajar sejarah tidak harus lewat buku pelajaran. Namun belajar sejarah bisa juga melalui kunjungan ke museum. Apalagi sejarah TNI AU memang jarang ditemukan di buku pelajaran. Dengan alasan itulah anak-anak dari SMA Negeri 1 Kediri diajak berkunjung ke Museum Dirgantara Mandala, agar mereka tahu bagaimana sejarah dan andil TNI AU dalam perjalanan sejarah Indonesia. Sonny Effendy, S.Pd mengatakan hal tersebut saat mengunjungi Musdirla, Kamis (25/3).

 

Sonny Effendy, S.Pd adalah ketua rombongan dari SMA Negeri 1 Kediri. Bagi sebagian siswa dari SMA tersebut, sejarah TNI AU dan pesawat terbang mungkin masih asing dalam kesehariannya. Keasingan itulah yang menggerakkan para guru di SMA Negeri 1 Kediri membawa anak didiknya berkunjung ke museum milik TNI AU ini.

 

Terletak di kawasan Lanud Adisutjipto, museum yang mempunyai luas 8765 m² ini memang banyak menyimpan kisah perjalanan TNI AU. Tidak hanya cerita sejarah, namun di museum yang memiliki 40 koleksi pesawat ini juga tersimpan cerita tentang kegagahan “elang-elang perkasa” penjaga Dirgantara Indonesia.

Baca juga:  Satpom Lanud Adi Soemarmo Laksanakan Gaktib

 

Di hadapan 25 siswa jurusan IPA dari SMA Negeri 1 Kediri ini, Kepala Museum Dirgantara Mandala Letkol Sus Drs. Sudarno mengisahkan dimulai dengan pesawat peninggalan Jepang, Adisutjipto berhasil menerbangkan pesawat Cureng di angkasa Indonesia. “Peristiwa itulah yang melahirkan semangat pemuda untuk ikut bergabung dengan Angkatan Udara,”paparnya.

 

Lebih lanjut Letkol Sus Drs. Sudarno menjelaskan keberanian dan kegagahan TNI Angkatan Udara juga ditunjukkan oleh “elang-elang muda” pada masa Perang Kemerdekaan Pertama dengan menyerang benteng-benteng pertahanan Belanda di tiga kota, yaitu Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

 

Sementara dalam perjalanan keliling melihat-lihat koleksi yang dipajang di dalam museum, Letkol Sus Drs Sudarno juga menceritakan tentang Operasi Udara TNI AU, baik dalam menumpas DI/TII, Permesta, Trikora, Dwikora maupun Latihan Bersama TNI AU dengan Angkatan Udara negara-negara sahabat.

 

Bagi siswa SMA Negeri 1 Kediri kunjungan ke Musdirla untuk melihat langsung aneka koleksi pesawat dan mendengarkan kisah perjuangan TNI AU memang menyenangkan. Namun bagi Sonny Effendy, S.Pd kunjungan ini mempunyai makna yang lebih jauh. Bagi Sonny Effendy, S.Pd kunjungan di Museum Dirgantara Mandala ini tidak hanya untuk berwisata semata, karenanya ia berharap semoga dari sekian anak didiknya, kelak ada yang menjadi anggota TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  LANUD WIRIADINATA IKUTI PEMBERSIHAN DAS

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel