Berita

Berburu Oleh-Oleh Khas TNI AU di Muspusdirla

Dibaca: 286 Oleh 11 Jun 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Akhir-akhir ini kunjungan wisata ke Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala dapat dikatakan meningkat. Apalagi dalam beberapa minggu terakhir ini, di musim liburan, Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala menjadi salah satu tujuan wisata. Tak pelak, museum yang berada di lingkungan Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta ini selalu disesaki pengunjung dari segala penjuru daerah, tidak hanya berasal dari wilayah Yogjakarta saja, namun juga Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat bahkan Sumatera dan Sulawesi.

Apakah yang menjadi daya tarik Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala? Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala, Letkol Sus Drs. Sudarno, Senin (11/6) menuturkan, selain berbagai koleksi pesawat terbang yang berjumlah 42, Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala juga menyimpan berbagai kisah menarik, utamanya tentang perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Udara dalam mempertahankan kemerdekaan.

Tak hanya itu, di museum yang dikenal dengan sebutan museum pesawat terbang itu, pengunjung juga dapat melihat aneka jenis senjata penangkis serangan udara di ruang alutsista dan menikmati sajian film-film kedirgantaraan di Mini Teater Muspusdirla.

Letkol Sus Drs. Sudarno mengatakan, kenangan manis selama mengunjungi Museum Dirgantara Mandala, tentu saja akan lebih berkesan apabila diabadikan dalam lembaran foto.

”Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa kamera. Karena di salah satu sudut ruang Alutsista, pihak Museum Dirgantara Mandala telah menyediakan Studio Foto Dirgantara yang selalu siap melayani pengunjung untuk berfoto. Bahkan apabila pengunjung mengingkan berfoto dengan mengenakan baju penerbang pun, pengelola Studio Foto telah menyediakannya,” ujarnya.

Letkol Sus Drs. Sudarno menyarankan, usai mengunjungi dan berkeliling museum, ada baiknya menyambangi Pojok Souvenir Muspusdirla, di Ruang Minat Dirgantara. Para pengunjung pun dapat membeli kaos, topi dan pernik-pernik khas Angkatan Udara untuk buah tangan.

”Toko mungil yang terletak bersebelahan dengan Mini Teater itu selalu diserbu pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh usai mengunjungi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala, ” terang Letkol Sus Drs. Sudarno.

Berkunjung ke Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala tidak saja melihat aneka koleksi yang dipamerkan, namun mengunjungi museum kebanggaan warga TNI Angkatan Udara itu, serasa diajak untuk mengagumi kembali kekuatan udara Indonesia dimana masa kekuatan udara Indonesia mendapat julukan ”Macan Asia”.

Baca juga:  Mayor Kes Dr Klara Sinabutar, Sp.KP., Jabatan Kakes Kohanudnas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel