Berita

BERIKAN RASA AMAN BAGI MASYARAKAT

Dibaca: 4 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Kasau:

BERIKAN RASA AMAN BAGI MASYARAKAT

 

Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Koopsau I) merupakan Komando Utama di lingkungan TNI AU yang sekaligus memiliki dua peran, yaitu sebagai Komando Utama Pembinaan (Kotamabin) dan Komando Utama Operasi (Kotamaops). Kotamabin Koopsau I bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan jajarannya, sedangkan sebagai Kotamaops melaksanakan operasi udara dalam rangka menegakan kedaulatan negara di udara dan nendukung kedaulatan di darat dan di laut. Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Herman Prayitno pada upacara sertijab Pangkoopsau I dari Marsda TNI Ganjar Wiranegara kepada penggantinya Masrda TNI Erry Biatmoko di Appron Taxi Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (12/9).

 

Dikatakan lebih lanjut, mengingat demikian terhormatnya sebagai Kotamaops, tidak ada pilihan lain bagi Koopsau I harus siaga senantiasa, agar mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat, bangsa dan negara tercinta Indonesia. Bila dihadapakan dengan luas wilayah yang menjadi tanggungjawabnya, akan segera terlihat betapa berat tantangan yang dihadapi Koopsau I. Karena penegakan dengan wilayah yang demikian luas itu membutuhkan membutuhkan kekuatan besar dan modern dengan kesiapan operasional yang tinggi. Untuk itu kekuatan udara yang modern sangat terkait dengan suatu kenyataan bahwa bentuk dan karakter operasi udara masa depan dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. “ujar Kasau”.

Baca juga:  Personel Lanud Sutan Sjahrir Ikuti Gladi Paskibraka Persiapan Upacara 17 Agustus 2019 Mendatang.

 

Menyadari tantangan tersebut, TNI dan Pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan dan modernisasi kekuatan TNI termasuk TNI Angkatan Udara. Hanya saja pemerintah sedang dituntut mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki, untuk mengurangi beban hidup rakyat, sehingga kabutuhan alutsista akan dilakukan secara bertahap melalui perencanaan strategis agar nantinya dapat dimiliki kekuatan udara modern dan handal yang menjadi syarat terpenuhinya komponen pertahanan bagi negara sebesar Indonesia.

 

Kasau juga berharap “sebagai prajurit matra udara yang bergelut dengan alutsista bertehnologi canggih, tidak boleh sedikitpun bergeser dari komitmen untuk membangun profesionalisme. Dengan membangun kualitas profesionalisme yang tinggi prajurit Angkatan Udara akan dapat melaksanakan tugasnya secara paripurna, sekaligus terhindar dari kecelakaan (Accident/incident)”. Profesionalisme dapat ditempuh melalui latihan yang terencana, berjenjang dan terukur, oleh karenanya pelatihan harus menjadi napas kehidupan bagi prajurit yang mendambakan kualitas profesional.

 

Mencermati perkembangan lingkungan nasional dan permasalahan yang menonjol, tantangan kita masih bekisar masalah terorisme, illegal logging, illegal fishing, separatisme, klaim perbatasan serta bencana alam. Oleh karena itu prajurit Koopsau I dituntut lebih peka dan responsif dalam penyiapkan langkah-langkah kongkrit dalam menyiapkan alutsista maupun perangkat pendukungnya termasuk menyiapkan seluruh prajurit Koopsau I.

Baca juga:  OPERASI KATARAK RSPAU

 

Marsda TNI Erry Biatmoko alumni Akabri Udara 1976 sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta, sedangkan Marsda TNI Ganjar Wiranegara alumni Akabri Udara 1976 menjabat Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) menggantikan Marsda TNI Eris Herryanto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel