Pengunjung Website
Hari Ini: 5,884
Minggu Ini: 246,076
Bulan Ini: 2,086,141
|
Jumlah Pengunjung: 10,950,531

AAU Sukses Selenggarakan Seminar Nasional ke-6 Tahun 2024

TNI AU.Yogyakarta. Akademi Angkatan Udara sebagai lembaga pendidikan pencetak generasi pemimpin masa depan, hari ini, Kamis (26/9/2024) sukses selenggarakan Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia ke-6 Tahun  2024.

Seminar Nasional yang diselenggarakan di Gedung Sabang Merauke Ksatrian AAU mengangkat tema "Space Capability Development Dalam Memperkuat Pertahanan NKRI Melalui Pembentukan Satuan Ruang Angkasa".

Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., dalam sambutan pembuka kegiatan seminar menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan seminar ini adalah sebagai bekal kemampuan untuk memperkuat pertahanan NKRI melalui pembentukan satuan ruang angkasa. 

Lebih lanjut, Gubernur AAU menyampaikan bahwa penguasaan sains dan teknologi merupakan kunci untuk membangun kekuatan suatu bangsa agar dapat berkiprah di tingkat internasional. 

"Menghadapi berbagai tantangan perkembangan teknologi ruang angkasa yang semakin maju dan kompleks, penting bagi bangsa Indonesia untuk memiliki sumber daya manusia unggul yang berkompeten dalam bidang tersebut," jelas Gubernur AAU.

Selanjutnya, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., sebagai Keynote Speaker dalam narasinya yang dibacakan oleh Gubernur AAU menyampaikan bahwa TNI Angkatan Udara memiliki peran strategis dalam mempersiapkan dan mengembangkan kapabilitas antariksa.

"TNI Angkatan Udara saat ini masih berada dalam fase persiapan, baik dari segi regulasi maupun organisasi, serta penyiapan sumber daya manusia yang andal dan profesional, melalui pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan satuan antariksa," jelas Kasau.

Lebih lanjut, Kasau berharap dengan kegiatan ini dapat berdiskusi secara mendalam dan strategis tentang bagaimana Indonesia, khususnya TNI Angkatan Udara, dapat mengembangkan embrio Satuan Antariksa di masa depan. 

Adapun bertindak sebagai narasumber pada kegiatan seminar pada hari ini diantaranya Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI H. Haris Haryanto, S.I.P., Kadiskomlekau dan Chairman of National Air & Space Power Centre Indonesia (NASPCI) Marsma TNI Dr. Penny Radjendra, S.T., M.Sc., M.Sc., Perekayasa Ahli Madya NCP Space Object Registy Indonesian Space Agency-BRIN Bapak Chusnul Tri Judianto, S.T., M.M., Dirut PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Bapak Adi Rahman Adiwoso dan sebagai Moderator kegiatan seminar adalah Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum., yang setiap hari menjabat sebagai Dosen Fakultas Filsafat UGM. (penaau-2024).