Pengunjung Website
Hari Ini: 56,844
Minggu Ini: 453,375
Bulan Ini: 1,385,119
|
Jumlah Pengunjung: 8,854,070

Pasis Seskoau A-61 Laksanakan Kuliah Kerja II Rentinkon di Koopsudnas

TNI AU. JAKARTA. Pasis Seskoau Angkatan ke-61 TP 2024 melaksanakan Kuliah Kerja II Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) di Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas), yang dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kas Koopsudnas) Marsekal Muda TNI Donald Kasenda, S.T., S.IP., M.M., di Gedung Leo Wattimena Makoopsudnas, Jakarta. Selasa (23/7/2024).

Dalam amanatnya Pangkoopsudnas Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi, M.M., yang dibacakan oleh Kas Koopsudnas mengatakan Koopsudnas sebagai komando utama operasi TNI dan komando utama pembinaan TNI AU memiliki tugas menyelenggarakan operasi pertahanan matra udara sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan penegakan hukum serta menjaga keamanan di wilayah utama yurisdiksi nasional sesuai peraturan perundang-undangan.  

 

“Selain itu Koopsudnas juga menyelenggarakan operasi udara dalam rangka OMP dan OMSP baik secara mandiri maupun gabungan berdasarkan rencana operasi yang telah ditetapkan Panglima TNI dalam menghadapi kontijensi,” ujar Kaskoopsudnas

Sejalan dengan hal tersebut Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana, S.A.B., M.Tr.(Han)., mengatakan bahwa sesuai dengan kurikulum Pendidikan Seskoau telah memprogramkan bagi para Perwira Siswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja II Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) yang merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran yang diterapkan di Seskoau. 

Adapun tujuan dari KK II Rentinkon ini menurut Danseskoau adalah untuk memberikan pembekalan, pengalaman, dan meningkatkan kemampuan Pasis dalam menyusun Rentinkon khususnya yang dilaksanakan di Koopsudnas.

“Oleh karena itu saya berharap dengan Kuliah Kerja II ini para Perwira Siswa memperoleh gambaran langsung dalam pembuatan rencana tersebut, sehingga akan memantapkan pengetahuan dan pemahaman para Perwira Siswa dalam penyusunan suatu rencana tindakan dalam menghadapi kontinjensi," harap Danseskoau.

Kegiatan KK II rentinkon ini berlangsung selama 3 hari kedepan mulai tanggal 23 hingga 25 Juli 2024 yang diikuti oleh 150 perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-61 TP 2024.  Pada hari pertama bertindak sebagai pemberi materi adalah Asintel Kaskoopsudnas Marsma TNI Yudi Mandega Raswono, M.Tr.(Han)., IPM., dan Asops Kaskoopsudnas Marsma TNI David Yohan Tamboto, S.Sos.

“Untuk itu, mohon kiranya para Perwira Staf Koopsudnas dapat memberikan pengarahan dan bimbingan bagi Perwira Siswa dalam pembuatan Rentinkon dengan segala aspeknya,” pungkas Danseskoau.

Hadir pada kegiatan tersebut para pejabat Koopsudnas, Kakordos Seskoau Marsma TNI Dr. Ir. Muhammad Zuhdizul, M.T.,CIQaR., para pejabat, Dosen dan Patun Seskoau.