Berita

Bersih-bersih Tugu Pesawat Hawk 109/209 di Makoopsau I

Dibaca: 36 Oleh 17 Feb 2017Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Selepas Upacara Bendera 17an yang rutin dilaksanakan di Makoopsau I, seluruh personel langsung terbagi untuk melaksanakan korve massal di sector lingkungan Makoopsau I dipimpin  oleh Komandan Denma Makoopsau I, Letkol Tek Arief Tri Bawanto, Jum’at (17/02).

Beberapa objek yang menjadi sasaran bersih-bersih yakni, Tugu Pesawat Hawk 109/209 yang berada di depan Gerbang utama Makoopsau I, selokan, pohon-pohon yang tinggi disekitar mess hingga rumput alang-alang yang mulai memanjang.

Focus pembersihan kali ini yakni Tugu Pesawat Hawk 109/209 dengan Nomor Lambung TT-1208. Menurut sejarah, Hawk 109/209 pernah digunakan oleh Penerbang TNI AU untuk mengejar pesawat musuh di langit kupang. Saat itu berdasarkan tangkapan radar dari satrad berhasil menangkap sinyal adanya 2 pesawat tidak dikenal melewati 10 mil dari batas FIR (Flight Information Region) Darwin di ketinggian 8000 kaki dengan kecepatan 160 knot. Kapten Pnb Azhar Aditama sebagai tactical lead, Mayor Pnb. Henry Alfandi dan Lettu Pnb Anton Mengko dengan menggunakan Hawk 109/209 segera lepas landas untuk memburu pesawat asing tersebut.

Baca juga:  ASLOG & ASRENA KASAU, KUNJUNGI LANUD IWJ

Menurut Panglima Koopsau I Marsekal Muda TNI. Yuyu Sutisna. S.E., M.M yang turut meninjau pembersihan tugu tersebut mengatakan bahwa Tugu ini merupakan kebanggaan bagi Koopsau I yang menyimpan banyak cerita, untuk itu kita patut merawatnya dan meneruskan semangat juang para pendahulu kita.

Bersih-bersih juga dilakukan di saluran air dan pohon-pohon yang mulai tinggi, mengingat intensitas hujan yang turun sangat tinggi, sehingga mengantisipasi terjadinya banjir, wabah penyakit dan pohon tumbang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel