Berita

BIOPORI SAHABAT BUMI, LANUD PALEMBANG TARGETKAN 2500 LUBANG BIOPORI

Dibaca: 2 Oleh 08 Sep 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Komandan Lanud (Danlanud) Palembang, Letkol Pnb. Sapuan, S.Sos. targetkan 2.500 lubang Biopori di Lanud Palembang. Pembuatan lubang Biopori tersebut sebagai tindak lanjut dari program pemerintah melalui Panglima TNI dalam rangka pemanfaatan sampah organik untuk penyuburan tanah serta peresapan air untuk mengurangi bahaya banjir dan tanah longsor.

Dalam pelaksanaannya yang dipantau langsung Danlanud, selain dilingkungan kantor dan tempat-tempat terjadinya genangan air saat hujan juga mewajibkan kepada seluruh penghuni rumah dinas untuk membuat 5 buah lubang Biopori dilingkungan rumah masing-masing.

Dalam arahan Danlanud kepada seluruh anggota disampaikan bahwa Biopori adalah merupakan sebuah lubang resapan yang sengaja dibuat berdiameter antara 10 hingga 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm kemudian ditutup sampah organik yang berfungsi sebagai penyerap air ke tanah dan membuat kompos alami. Biopori merupakan solusi teknologi ramah lingkungan sebagai alternatif untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah selain sumur resapan.

Fungsi dan tujuan pembuatan Biopori selain memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah juga untuk membuat kompos alami dari sampah organik. Biopori juga untuk mengurangi genangan air yang bisa menimbulkan penyakit sekaligus pengelolaaan terhadap air hujan dari pada hanya dibuang percuma ke laut. Selain itu juga sebagai salah satu solusi alternatif terhadap resiko banjir yang ditimbulkan. Juga merupakan langkah untuk memaksimalisasi peran dan aktivitas flora fauna tanah serta mencegah terjadinya erosi dan bencana tanah longsor, demikian tegas Danlanud. :

Baca juga:  Rotasi 14 Pejabat TNI AU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel