Berita

Blokade Pasukan PHH Berhasil Halau Aksi Massa

Blokade Pasukan PHH Berhasil Halau Aksi Massa
#TNIAU 

TNI AU. Reaksi ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu dan Pemerintah, mengakibatkan sekelompok orang merencanakan suatu aksi sebagai bentuk protes. Kelompok yang menyatakan diri sebagai pendukung (ISIS) tersebut mulai memasuki organisasi masyarakat dan menyebarkan hoaks tentang penculikan terhadap pejabat daerah dan merusak beberapa fasilitas umum, militer dan Kepolisian apabila Pemilu tetap terlaksana termasuk di wilayah Bandara atau Pangkalan. Isu lain juga tentang adanya Black Campaign sehingga menuntut Presiden RI untuk mengusut tuntas kecurangan tersebut.

Guna menghindari situasi dan kondisi yang semakin memanas, terkait dengan kunjungan Presiden RI ke Bandung, Komandan Lanud Husein Sastra Negara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana S.E., M.M., dibawah kendali Kadis Ops Lanud Husein Sastranegara memerintahkan untuk melaksanakan pengamanan di Ring I, Ring II dan Ring III. Pukul 06.00 pesawat Kepresidenan landing di Lanud Husein S. Peleton pengamanan Ring III dan pasukan Penanggulangan Huru Hara personel yang terlibat pengamanan mulai memblokade rute perjalanan keluar Rombongan RI I.

Tidak berhasil menemui Presiden, massa demonstran semakin anarkis dan merusak fasilitas di Ring III, dan membakar kios –kios di sekitar Bandara Husein Sastranegara. Api pun segera dipadamkan oleh tim Pemadam Kebakaran Lanud Husein S. Namun tindakan membabi buta tersebut mengakibatkan ada korban cedera dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit TNI AU Dr, Salamun.

Massa semakin tidak terkontrol, Pasukan Penangulangan Huru Hara terus mempertahankan blokade hingga demonstran berhasil mundur setelah beberapa provokator berhasil ditangkap. Lanud Husein S. dan Bandara selanjutnya dinyatakan aman, serta kembali kondusif.

Simulasi ini merupakan kegiatan latihan Penanggulangan Pasukan Huru Hara, Kamis (21/02) yang melibatkan tidak hanya Personel Lanud Husein tetapi juga satuan samping yaitu personel Depo Pemeliharaan 10, Dislitbangau, RS. TNI AU Dr, Salamun.

Menurut Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana, S.E, M.M. Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan satuan jajaran Lanud Husein S. agar mampu melaksanakan tugas membantu Pemda/Polri dalam rangka pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 secara berhasil. Sementara sasaran Latihan adalah terwujudnya kesiapan jajaran Lanud Husein S., dan sinergitas dalam rangka membantu Pemilu Legislatif dan Presiden 2019.

Pelaksanaan latihan PHH disaksikan langsung oleh Danlanud Husein S, dengan melibatkan kurang lebih 200 0rang prajurit dan PNS TNI AU dan dua anjing pelacak dan penyerang dari Satpom Lanud Husein S.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel