Berita

BPNB, BPPT DAN TNI ANGKATAN UDARA MODIFIKASI CUACA DENGAN HERCULES C-130

Dibaca: 11 Oleh 27 Jan 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan TNI Angkatan Udara, melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan Hercules C-130 dari Skadron Udara 31, Sabtu (26/1) di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.  Pembukaan acara tersebut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto , Asops Kasau Marsda TNI Bagus Purihito dan pejabat lainnya

Tanggal 27 Januari diperkirakan akan muncul pasang surut air laut dan curah hujan tinggi sehingga berpotensi banjir di Jakarta. Untuk mengurangi risiko itu, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempersiapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). TMC untuk mengurangi curah hujan itu akan dilakukan besok, Sabtu (26/1) dengan posko utamanya di Lanud Halim.

Lebih lanjut ketua pelaksana rekayasa cuaca Dr Tri Handoko Seto, Msc mengatakan Terdapat dua metode yang akan digunakan BPPT yakni yang pertama “mempercepat proses awan menjadi terhadap awan-awan yang sedang tumbuh di daerah ‘upwind’ yang bergerak memasuki Daerah Aliran Sugai (DAS) dan kedua mengganggu proses pertumbuhan awan di dalam DAS yang bergerak meninggalkan DASagar awan tidak menjadi hujan di dalam DAS” ujar kepada media pada saat brifing di posko Banjir Lanud Halim.

“Lanud Halim sebagai pelaksana operasional siap melaksanakan tugas dan membatu apaun yang bisa” ujar Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI A. Asep Adang Supriyadi,SE saat menyaksikan loading 4 ton garam di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma. “Pesawat yang digunakan dalam kondisi siap dan baru selesai dimodifikasi khusus untuk rekayasa cuaca. Awak pesawatnya sudah professional” tegasnya. Mudah-mudahan selama pelaksanakan rekayasa cuaca ini dapat berjalan dengan aman dan lancar karena kita berkerja dan berbuat untuk kepentingan masyarakat, Negara dan bangsa.

Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC ini berjuan Tujuannya mengurangi hujan sehingga banjir dapat diredam. Ada dua upaya yang dilakukankan yaitu menghambat pertumbuhan awan, dan menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.

Baca juga:  Sekkau Jalin Silaturahmi dengan “Bukber”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel