Berita

Briefing Umum Penerjunan di Baseops Lanud Manuhua

Dibaca: 7 Oleh 23 Feb 2017Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Junggar atau terjun penyegaran sudah menjadi program kerja bagi satuan Komando Batalyon Paskhas. Selain untuk refreshing, terjun penyegaran ini dilaksanakan bertujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan pasukan TNI AU dalam melaksanakan penerjunan apabila sewaktu-waktu dituntut untuk bertugas didaerah yang tidak dapat dijangkau dengan alat transportasi.

Sore ini setelah pesawat dukungan junggar C-130 A1303 mendarat di Lanud Manuhua, seluruh crew pendukung penerjunan melaksanakan brifing umum persiapan Junggar yang akan dilaksanakan oleh Paskhas 468 Sarotama di ruang Baseops Lanud Manuhua. Briefing yang dipimpin oleh Danlanud Manuhua beserta staf dan didampingi oleh Danyon Paskhas 468 ini akan memaparkan sejauh mana kesiapan dari penerjunnya sendiri, awak pesawat serta tim pendukung lain seperti Bandara franskaisepo dan airnav yang akan menjelaskan tentang trafic penerbangan, dari Meteo yang akan menjelaskan prakiraan cuaca selama kegiatan penerjunan berlangsung, serta dari Basarnas Biak sebagai tim evakusi apabila penerjun mengalami kejadian diluar perkiraan.

Terjun penyegaran yang rencana akan dilaksanakan besok pagi ini akan melibatkan sebanyak 133 penerjun statik dan 32 penerjun freefall. Penekanan Komandan Lanud Kolonel Pnb Arif Widianto, S. AB., M. TR (HAN) sebelum mengakhiri brifing umum persiapan junggar sore ini yaitu, laksanakan pengecekan kesiapan pendukung secara optimal, laksanakan pengecekan kesiapan pesawat, crew dan Jumping Master laksanakan sesuai dengan SOP masing-masing, kesiapan penerjun baik fisik maupun peralatan yang akan digunakan juga harus optimal, karena semua bermuara untuk menuju Safety first. Semboyan “Safety in the air start from the ground” agar di aplikasikan dalam perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai pengakhiran kegiatan penerjunan yang akan dilaksanakan kali ini maupun selanjutnya, hal ini dimaksudkan agar seluruh kegiatan penerjunan yang didukung oleh Lanud Manuhua dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat.

Baca juga:  Lanud Soewondo Dukung Latihan Kilat dan Cakra C-20 Kosekhanudnas III Medan

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel