Berita

BRONCO “SI KUDA LIAR” TETAP GAGAH

Dibaca: 19 Oleh 09 Jun 2011Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Dalam penghabisan usianya, Pesawat tempur OV-10F Bronco tetap gagah bertengger di Lanud Abd Saleh. Setelah selesai masa pengabdiannya, untuk mengenang kiprah dan para awak pesawat yang telah gugur melaksanakan tugas pengabdian kepada NKRI, Komandan Lanud Abd Saleh memerintahkan untuk menjadikannya monumen dan ditempatkan di Base Ops Lanud Abd Saleh. 

Setelah dinyatakan grounded pada 2008, pesawat yang berada di Skadron udara 21 Lanud Abd Saleh ini tetap mendapat perawatan yang baik oleh para teknisinya. Salah satunya telah menjadi monumen di AAU Jogjakarta dan menyusul kemudian di Lanud Abd Saleh Malang. 

Tujuan dari memonumenkan pesawat yang memiliki julukan si kuda liar atau biasa disebut kampret di jajaran TNI AU ini adalah tidak lain untuk mengenang kiprahnya dalam medan laga dan para awak yang telah gugur bersamanya. Kiprahnya diantaranya Ops Seroja (1976-1979) di NTT, Ops Tumpas (1977-1978)di Irian Jaya, Ops Halilintar (1978) di Riau dll. Selain itu diharapkan para generasi penerus bangsa mampu menghidupkan semangat juang dan kecintaan terhadap NKRI dengan mengetahui sejarahnya dalam pertempuran menjaga keutuhan NKRI.

Baca juga:  Prajurit TNI AU di Kalijati Laksanakan Upacara Bendera 17-an

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel