Berita

BUKA BERSAMA LANUD EL TARI

Dibaca: 4 Oleh 23 Agu 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Sabtu , 21 Agustus 2010, Lanud El Tari melaksanakan buka bersama di Gedung Serba Guna Lanud El Tari. Hadir pada pelaksanaan buka bersama kali lebih dari 200 orang ini dihadiri oleh seluruh warga Lanud El Tari beserta keluarga, Satrad 241 Buraen dan warga Kompi D “BS” Paskhas serta para tamu undangan.

Sebelum pelaksanaan buka bersama dilaksanakan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Sof yang pada kesempatannya  menggambarkan tentang arti puasa di bulan suci Ramadhan, bagaimana menjalankan ibadah puasa yang baik,  beribadah sebanyak- banyaknya selama bulan ramadhan yang merupakan bekal ummat manusia di akhirat.

Komandan lanud El Tari Ir. Joko Sugeng Sriyanto dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh warga Lanud El Tari untuk Saling menghormati terhadap sesamanya, dengan demikian akan tercipta kerukunan umat beragama yang harmonis. Setelah menyampaikan sambutan Danlanud El Tari menyerahkan bantuan untuk pembangunan Mushola Kompi D “BS” Paskhas dan Bingkisan Lebaran secara simbolis oleh Ketua Pia Ardya Garini Cab.7D/II Lanud El Tari Kupang Ny. Joko Sugeng Sriyanto kepada prajurit termuda Lanud El Tari.

Baca juga:  Apel khusus Waspada Virus Corona di Lanud Husein Sastranegara

Sebelum pelaksanaan buka bersama dilaksanakan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Sof yang pada kesempatannya  menggambarkan tentang arti puasa di bulan suci Ramadhan, bagaimana menjalankan ibadah puasa yang baik,  beribadah sebanyak- banyaknya selama bulan ramadhan yang merupakan bekal ummat manusia di akhirat.

Ustadz Sofyan menjelaskan tentang Puasa sebagai peperangan melawan hawa nafsu barang kali pengetahuan kita tentang musuh yang harus diperangi itu tidak bertambah, maka srategi dan teknik perang kita adalah melawan hawa nafsu yang datang dari dalam tubuh, contohnya makan dan minum ini semua sebagai godaan setan yang selalu menjerumuskan umat manusia yang sedang menjalankan ibadah Puasa.

Dengan demikian , dalam dimensi spiritual Puasa Ramadhan merupakan bulan suci, bulan tersedianya ampunan dan barokah sehinga manusia yang mengembarainya senantiasa berada  dalam binbingan Alloh yang pada giliranya akan memperoleh penyucian pada dirinya. Atau dengan kata lain Puasa merupakan proses peragian spiritual, kristalisasi atau esensialisasi mendekatkan jiwa manusia dari beban dan kotoran keduniaan.

Baca juga:  PEMBANGUNAN SARANA OLAH RAGA ATLETIK DI LANUD SURYADARMA

Sebagai penutup ceramah Ustadz Sofyan memimpin Doa Berbuka Puasa yang di ikuti oleh seluruh warga Lanud El Tari dengan Hikmat. Selanjutnya melaksanakan sholat makgrib berjamaah yang di lanjutkan dengan buka bersama.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel