TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Bulan Dirgantara Lanud Raden Sadjad

Runway_Run_2018

TNI AU. Bulan April telah dicanangkan oleh Kepala Staf  Angkatan Udara ( KASAU ) sebagai Bulan Dirgantara.    Berbagai kegiatan telah dilaksanakan diantaranya lomba melukis, lomba fotografi dan diakhir Bulan Dirgantara ini, Komandan Lanud Raden Sadjad (Danlanud Rsa)  Kolonel Penerbang (Pnb) Azhar Aditama menggelar acara Runway Run dan Static Show serta senam aerobik bersama di Appron Lanud Rsa. Minggu (29/04).

Sambutan dan antusias warga Ranai dan sekitarnya begitu sangat luar biasa, landasan seolah dipenuhi oleh ratusan manusia yang sedang jogging untuk melepas penat.  “jarang-jarang kami bisa berlari di landasan yang ternyata sangat panjang ini.  Kalau bisa acara ini dilaksanakan tiap minggu seperti acara car freeday di Jakarta” kata salah seorang warga.   Selain warga masyarakat umum, hadir juga organisasi pemuda dan masyarakat seperti FKPPI, Persatuan Wartawan Natuna, FKPD dan ormas lainnya.  Selain itu pula, masyarakat begitu senang dan sangat menikmati keberadaan pesawat tempur F16 Fighting Falcon yang terparkir di Appron Base Ops Lanud Rsa yang sekaligus digunakan sebagai tempat senam aerobic bersama.

“ Landasan ini awalnya dibangun dari jerih payah dan cucuran keringat masyarakat Penagih.   Segala bentuk proses rekonstruksi landasan secara murni dilakukan dengan tenaga masyarakat dan tanpa menggunakan biaya karena pada saat itu negara dan bangsa Indonesia memang belum mempunyai anggaran untuk membangun kembali landasan. Dengan seiring perjalanan waktu dan sistem birokrasi semakin baik maka negara sudah mampu untuk membeli alutsista, sarana dan prasarana militer dari uang rakyat, pajak rakyat.   Intinya, TNI AU menjadi besar karena uang rakyat dan kami ingin menunjukkan kepada rakyat bahwa kami selalu berusaha  secara maksimal untuk merawat dan menggunakan alutsista yang dibeli dari uang rakyat tersebut untuk kepentingan rakyat, papar Danlanud.

Bulan Dirgantara,  selain sebagai sarana untuk mendekatkan serta mengakrabkan TNI AU dengan rakyat, juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang fungsi dan peran TNI AU,  tentang keamanan wilayah udara dan kedaulatan di udara terutama. Khususnya wilayah udara pulau Natuna yang berada yang merupakan simbul dari keutuhan kadulatan NKRI di Udara.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Bulan Dirgantara Lanud Raden Sadjad