TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Burung Besi “Grob” Serbu Lanud Abd

By 10 Nov 2017Berita
logo-tni-au-featured-1600×900

Hilir mudik pesawat Grob buatan Jerman yang berhome base di Lanud Abd saleh tiap hari melintas kota-kota di sepanjang propinsi Jawa Timur, Jawa Tenggah dan Yogyakarta. Jarak yang ditempuh pesawat buatan jerman ini dari Yogyakarta ke Lanud Iswahyudi (Madiun) membutuhkan waktu 26 menit, sedangkan dari Lanud Iswahyudi (Madiun) menuju Lanud Abd Saleh (Malang) membutuhkan waktu hanya 36 menit.

Hilir mudiknya pesawat grob ini dalam rangka latihan Navigasi jarak sedang (NJS) siswa siswa penerbang (Sekbang Terpadu) TNI dan Sekbang PSDP (Perwira Sukarela Dinas pendek) Latihan navigasi ini berlangsung mulai dari 30 Oktober hingga 11 November 2017. Tiap hari dari dan ke malang berkisar 24 pesawat yang dikemudikan oleh 2 awak baik siswa dan instruktur.

Pesawat grob ini merupakan pesawat latih dasar, yang digunakan oleh setiap penerbang yang berasal dari TNI. Dan navigasi ini merupakan tahapan dari kurikulum yang dipersyaratkan sebelum penerbang dapat melanjutkan ketahap berikutnya. Setiap hari kita melaksanakan 24 shortie dengan 12 pesawat.

Sekbang Terpadu TNI Angkatan 93 yang berasal dari matra darat sebanyak 5 orang, TNI AU sebanyak 43 orang dan matra laut sebanyak 2 orang. mereka merupakan lulusan Akmil, AAU dan AAL tahun 2016. Mereka berjumlah 50 orang sedangkan dari Sekbang PSDP Angkatan 94 berjumlah 15 orang

Menurut keterangan Letkol Pnb HS Romas Komandan Skadik 101 “latihan Navigasi jarak sedang ini merupakan latihan untuk familisasi dengan alat navigasi udara, selain itu latihan ini untuk mengukur kemampuan siswa sekbang dalam bernavigasi apabila sudah dalam jarak yang sedang”. Kita berharap latihan ini dapat berjalan sesuai rencana dan tidak terkendala cuaca. Imbuhnya.

Menurut rencana pendidikan Sekabng ini akan berakhir pada bulan Juli 2018, dan untuk Sekbang TNI Terpadu menghabiskan waktu 19 bulan dan untuk Sekbang PSDP akan menyelesaikan dalam waktu 2 tahun 6 bulan atau 33 bulan.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Burung Besi “Grob” Serbu Lanud Abd