Berita

Capaja AAU 2021 Menerima Pembekalan Panglima TNI dan Kapolri

Dibaca: 6 Oleh 08 Jul 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 07 07 at 23.03.40
#TNIAU 

TNI AU.  Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) menerima pembekalan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Pembekalan diikuti seluruh Capaja TNI-Polri secara virtual melalui video Conference yang dipusatkan di Mako Akademi TNI bersama Lembaga Akademi masing-masing Angkatan dan Akpol.

Sebanyak 700 Capaja TNI-Polri, terdiri dari 227 Capaja Akmil, 101 Capaja AAL, 91 Capaja AAU, dan 281 Capaja Akpol, mengikuti pembekalan secara virtual yang dipusatkan melalui gedung Bhineka Eka Bhakti Mako Akademi TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Pada sesi pertama Kapolri memaparkan tentang perjalanan panjang sejarah perjuangan TNI dan Polri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, pada masa Presiden Soekarno hingga memasuki orde baru sampai dengan era reformasi, dimana TNI dan Polri pada hakekatnya satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain sebagai garda terdepan dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Dihadapan ratusan Capaja TNI-Polri 2021 Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berpesan bahwa para Capaja dituntut untuk menjadi dewasa dan menjadi panutan. Pahami tantangan tugas yang semakin kompleks dan tidak menentu, perhatikan sikap dan perilaku karena hal tersebut akan memberikan warna institusi di mata masyarakat. Jadilah tauladan bagi anggota di lapangan, biasakan perilaku hidup sederhana dan tidak hedonis. Bentengi diri dari bahaya Narkoba dan budaya kebarat-baratan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Jaga profesionalitas TNI-Polri dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentigan pribadi dan golongan. Sinergitas dan soliditas TNI-Polri harus senantiasa dijaga dan dipererat pada semua tingkatan.

Baca juga:  Empat Pati Terima Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama

Sementara pada sesi kedua, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memberikan penekanan tentang jati diri seorang Perwira. Menurutya Perwira merupakan pemimpin yang menjadi panutan sekaligus mercusuar bagi anak buahnya, mampu menunjukkan yang terbaik, melayani dan menjadi contoh teladan ditengah anak buahnya.

Kalian harus cepat beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang. Manfaaatkan teknologi informasi, tingkatkan kemampuan yang professional, dan jadikan teknologi informasi sebagai penunjang keberhasilan pelaksanan tugas, ungkapnya.

Panglima TNI juga memberikan pesan kepada Capaja TNI-Polri agar senantiasa menunjukkan dan memberikan yang terbaik bagi negara dan bangsa dimanapun kalian bertugas. Jadikan jerih payah kalian dan harapan serta pengorbanan orang tua sebagai motivasi dalam mengemban tugas. Jaga soliditas dan sinergi bersama komponen bangsa lainnya sebagai perekat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi segala ancaman dan tantangan. Kembangkan potensi diri dan segera beradaptasi, seiring dengan langkah tugas dan tuntutan di medan penugasan serta berbagai tantangan yang akan kalian hadapi diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang lebih luas yang hanya akan dapat kalian hadapi dengan cara terus mengasah diri dan kemapuan beradaptasi.

Baca juga:  Yonko 462 Paskhas Do’a Bersama dan Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Mengakhiri pembekalannya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, berpesan bahwa cita-cita diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan, gantungkan mimpi dan cita-cita kalian setinggi-tingginya, mengutip dari kata-kata Bung Karno Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang, demikian pungkasnya.

WhatsApp Image 2021 07 07 at 23.03.41

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel