Berita

Capaja AAU 2021 Mengikuti Pembekalan Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklat Polri

Dibaca: 4 Oleh 07 Jul 2021Juli 8th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 07 07 at 22.48.02
#TNIAU 

Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) mengikuti acara pembekalan bersama Capaja TNI-Polri lainnya secara virtual melalui video conference yang dipusatkan di Akademi TNI bersama Lembaga Akademi masing-masing Angkatan dan Akpol. Sebanyak 700 Capaja TNI-Polri, terdiri dari Angkatan Darat 227 Capaja, Angkatan Laut 101 Capaja, Angkatan Udara 91 Capaja, dan Akpol sebayak 281 Capaja, mengikuti pembekalan secara virtual, yang dipusatkan melalui gedung Bhineka Eka Bhakti Cilangkap, Jakarta, Selasa (6/7/2021). Pembekalan Capaja TNI-Polri 2021 disampaikan oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P, S.I.P., dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Berbagai materi pembekalan disampaikan kepada para Capaja TNI-Polri 2021 jelang pelaksanaan upacara Prasetya Perwira di Istana Negara 13 Juli mendatang. Berbagai tantangan kedepan, dimana perkembangan dunia yang begitu cepat menciptakan peluang sekaligus ancaman. Oleh karena itu, seorang Perwira muda sebagai seorang pemimpin harus siap menghadapinya dengan memiliki berbagai kemampuan taktis, operasional maupun strategis. Bagaimana perjalanan karier seorang Perwira muda dihadapkan dengan kehidupan nyata, langkah awal penugasan sebagai perwira TNI dan Polri.

Baca juga:  Bhakti Sosial dalam Rangka HUT ke-74 Korpaskhas  Komandan Wing I Paskhas Menyerahkan Bingkisan untuk Panti Sosial Tresna Werdha Mulia 1.

Danjen Akademi TNI mengawali pembekalan pada sesi pertama, yang memberikan penekanan kepada para Capaja TNI-Polri. Menurutnya, sebagai Perwira harus tetap semangat dalam setiap aktivitas apapun dan terus berjuang tak kenal lelah meraih kesuksesan. Hidup berarti terus berjuang, kejar mimpi kalian, kalau jatuh segera bangkit, bila kalian gagal segera introspeksi dan melangkah kembali lebih baik. Jalani penugasan di TNI-Polri sesuai Korps dengan semangat, baik, bertanggung jawab serta selalu berusaha menjadi Perwira TNI-Polri yang professional. Jangan pernah merasa gagal, ingat Tuhan memberikan waktu dan Yang Maha Kuasa jauh lebih tahu kapan saatnya kita sukses. Berjuanglah dan raih mimpi kalian, demikian ungkapnya penuh semangat.

Sementara pada sesi kedua, Kalemdiklat Polri di hadapan ratusan Capaja TNI-Polri memberikan wejangan yang tak kalah berharga. Menurutnya, salah satu kunci utama keberhasilan dalam melaksanakan tugas adalah menjaga kekompakan seluruh Perwira TNI-Polri. Dikatakan, sejak pendidikan para Capaja TNI-Polri saling berkomunikasi, membangun solidaritas, soliditas dan hubungan emosional. Oleh karenanya, seorang Perwira jangan mudah diprovokasi atau memprovokasi, jangan mudah diadu domba atau mengadu domba, namun harus saling memperkuat dan bukan sebaliknya. Negara dan bangsa ini menaruh harapan besar kepada TNI-Polri untuk menjaga NKRI, kita harus jaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, tegasnya.

Baca juga:  Terus Bergerak, Lanud Sjamsudin Noor Kembali Salurkan Bantuan Kemanusiaan dari Ademau’86 Untuk Korban Terdampak Banjir di Wilayah Kalimantan Selatan

Kalemdiklat juga memberikan pesan kepada Capaja TNI-Polri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jaga dan lindungi Indonesia dan segenap tumpah darahnya sepenuh hati. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, tulus, semangat dan riang gembira. Terus kembangkan potensi diri dengan belajar dan belajar sepanjang masa, Life long learning. Ingat, jaga kekompakan TNI-Polri.

Mengakhiri pembekalannya Profesor berpangkat bintang tiga ini berpesan Life Is Not About Finding Yourself, but Life Is About Creating Yourself, yang berarti hidup itu bukan sekedar mencari jati diri, tapi hidup itu harus menciptakan dan mengembangkan jati diri, tegasnya.

WhatsApp Image 2021 07 07 at 22.48.01 1

WhatsApp Image 2021 07 07 at 22.48.01 2

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel