Berita

CASIS DIKKUALSUS PARADAS A-174 IKUTI TES PSIKOLOGI DAN KESWA DI LANUD SULAIMAN

Dibaca: 541 Oleh 10 Sep 2013Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Sebanyak 361 prajurit TNI AU mengikuti tes psikologi dan kesehatan jiwa (Keswa) di Lanud Sulaiman, Bandung, Senin (09/09). Tes dilaksanakan dalam rangka menyeleksi para calon siswa (Casis) untuk mengikuti Pendidikan Kualifikasi Khusus Para Dasar Angkatan ke-174 di Skadik 204 Lanud Sulaiman.

Pelaksanaan tes Keswa dan psikologi ini rencananya dilaksanakan selama dua hari. Untuk tes psikologi kelompok pertama dilaksanakan di Skadik 202 diikuti sebanyak 180 personel, sedangkan untuk tes Keswa dilaksanakan di Skadik 204 diikuti 181 personel. Peserta tes kebanyakan berasal dari Korps Pasukan dan Korps Pomau namun ada juga personel yang berasal dari korps lain seperti Korps Adm, Kes, Sus yang berasal dari seluruh Indonesia.

Menurut ketua tim tes Keswa dari Lakespra Mabesau Letkol Kes Dr. Djarot SpKJ., tujuan dilaksanakan tes Keswa adalah untuk mengetahui sejauh mana kepribadian psikopatologi personel yang bersangkutan. “Apakah ada atau tidak pikiran dan perasaan yang berbeda secara umumnya, seperti perasaan cemas atau stres yang berlebihan”, katanya.

Sedangkan di tempat berbeda ketua tim tes psikologi dari Dinas Psikologi Dispsi TNI AU Mayor Kes Abdul Ghafur yang didampingi Kasubsi Psikologi Lanud Sulaiman Lettu Kes Irma Dwi Puspa, mengatakan tujuan diadakannya tes psikologi ini adalah untuk mengetahui apakah personel yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti sekolah para dasar, dari tes ini bisa dilihat seperti bakat atau kemampuannya.

Selain mengikuti tes psikologi dan Keswa, para casis juga akan mengikuti serangkaian tes yang lain seperti tes kesehatan dan tes kesemaptaan jasmani. Bagi Casis yang nantinya lulus dari berbagai materi tes yang diujikan, selanjutnya akan mengikuti Sekolah Para Dasar selama satu bulan di Skadik 204 Lanud Sulaiman.

Baca juga:  Komandan Lanud Wiriadinata Bagikan Bingkisan Lebaran

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel