Berita

Casis Tamtama Gelombang 2 Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

Casis Tamtama Gelombang 2 Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani
#TNIAU 

TNI AU.  Sebanyak 65 calon Tamtama gelombang kedua tahun 2019 Panitia Daerah (Panda) Lanud Atang Sendjaja, menjalani seleksi kesamaptaan jasmani (Samapta) yang diselenggarakan oleh seksi Pembinaan Jasmani dan Kemiliteran (Binjasmil) Dispers Lanud Ats, dilaksanakan di lapangan Dirgantara Lanud Atang Sendjaja, Kamis (19/9/2019).

Kepala Disnas Personel (Kadispers) Lanud Atang Sendjaja, Letkol Pnb Sigit Gatot prasetyo ketika menyampaikan arahan kepada para calon siswa (Casis) Tamtama yang akan melaksanakan tes samapta, mengingatkan para casis agar melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri.

“Hasil tes samapta saat ini akan menentukan kalian lanjut tes untuk tahap berikutnya, untuk itu silahkan jalani tes dan berikan hasil yang terbaik, namun tetap memperhatikan kondisi keamanan dan keselamatan diri kalian, karena yang tahu kemampuan dan kondisi kemampuan dirimu adalah kalian sendiri,” jelas Letkol Pnb Sigit.

Lebih lanjut Kadispers Lanud Atang Sendjaja mengingatkan kepada para Casis agar tidak memaksakan diri apabila merasa tidak mampu untuk diteruskan. “Jangan hanya karena ingin memberikan hasil maksimal sesuai standar keluulan lalu memaksakan diri padahal kondisi diri tidak memungkinkan karena akan membahayakan diri sendiri. Kita doakan bersama agar selama mengikuti tes Samapta ini semua dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Binjasmil Letkol Kes Petrus Subiyantoro, sebagai penanggung jawab pelaksanaan seleksi kesamaptaan jasmani, menjelaskan bahwa seleksi samapta ini meliputi tes kesegaran jasmani A dan B.

“Tes kesegaran jasmani A berupa aerobik lari 12 menit, tujuannya untuk mengukur daya tahan dan kekuatan casis, sedangkan untuk kesegaran jasmani B, ada empat item yang setiap itemnya dilaksanakan selama 1 menit, terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run (lari angka 8),” terang Letkol Kes Petrus Subiyantoro. “Selain Samapta A dan B, lanjutnya, masih ada tes selanjutnya yaitu tes ketangkasan berenang, dan yang terakhir adalah tes postur”, pungkas Letkol Kes Petrus Subiyantoro.

Sebelum pelaksanaan seleksi, seluruh calon tamtama melaksanakan tensi untuk mengukur tekanan darah oleh tim kesehatan dari rumah sakit dr. M. Hassan Toto Lanud Ats.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel