Berita

CEGAH FOD DAPAT TINGKATKAN KESIAPAN OPERASIONAL PESAWAT TERBANG

Dibaca: 34 Oleh 22 Jan 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Program Pencegahan Foreigh Object Demage (FOD)yang baik dapat meningkatkan kesiapan pesawat dan menyelamatkan nyawa, materi, tenaga dan uang, demikian dikatakan Kasi Lambangja Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Kapten Tek Hendri,pada briefing pagi di ruang Tedy Kustary Lanud Iswahjudi, Rabu (22/1).           

FOD atau KOBA (Kerusakan Oleh Benda Asing), lanjut Kapten Tek Hendri, disebabkan oleh masuknya obyek melalui intake pada pada pesawat saat ground run atau taxy, obyek yang tertinggal saat melakukan pemeliharaan, benda yang terlepas dari baju kerja, benda pemeliharaan dan panel. 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh benda asing pada pesawat terbang,area parkir pesawat dan sekitarnya harus selalu bersih, tempat FOD/kantong sampah harus selalu tersedia agar seluruh personel termotivasi untuk memungut benda-benda asing yang membahayakan disekitar pesawat. 

Jalur taxy way dan runway agar selalu dibersihkan dan dicek kebersihannya, semua kendaraan yang keluar dan masuk harus melalui pemerikasaan yang telah ditentukan, serta selalu memperingatkan personel yang melaksanakan pemeliharaan agar tidak meninggalkan tools, bolts, nuts atau benda lainnya dipesawat. 

Baca juga:  Personel Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Ikuti Ceramah Tentang (P4GN)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel