TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Cegah Kanker Serviks, PIA AG Lanud Sim Adakan Pemeriksaan Papsmear

sebelum_pemeriksaan

TNI AU. Di Indonesia, kanker serviks menduduki peringkat kedua penyakit kanker pada wanita. Jumlah kasus baru kanker serviks yang menyebabkan kematian terus meningkat setiap tahunnya. Padahal, kanker serviks termasuk jenis kanker yang bisa dicegah dan disembuhkan dibandingkan dengan semua jenis kanker, asalkan diketahui sejak awal.

foto_bersama

Oleh karena itu, PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda mengadakan pemeriksaan papsmear dengan bekerja sama dengan Laboratorium Prodia cabang Banda Aceh. Senin (12/11). Pemeriksaan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakan HUT PIA Ardhya Garini Ke-62 Tahun 2018 sekaligus bentuk perhatian dan kepedulian Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda Ny. Rulli Indrastanto kepada anggotanya termasuk juga PIA Ardhya Garini Anak Ranting 002-03-4/G.IV Kipan C Yonko 469 Paskhas berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kedatangan rombongan disambut hangat Kepala Cabang Prodia Banda Aceh Ibu Indah Dwi Syahputri, S.T., beserta staf dan tenaga medis. β€œSuatu kehormatan bagi kami atas kunjungan ibu-ibu sekalian,” katanya sekaligus berharap menjadi awal yang baik dalam menjalin kerja sama kedepannya. Sebelum pemeriksaan papsmear, diadakan pengecekan kelengkapan administrasi selanjutnya dijelaskan secara global mengenai papsmear yang Β merupakan suatu metode pemeriksaan sel cairan dinding leher rahim dengan menggunakan mikroskop, kegunaannya sebagai penyaringan atau pelacak adanya perubahan sel abnormal, sehingga kelainnya tersebut dapat terdeteksi dan dapat dilakukan pengobatan lebih lanjut.

cek_darah

Selama menjalani pemeriksaan, kata Indah, disarankan untuk tetap tenang dan relaks untuk membantu kelancaran proses pemeriksaan. β€œPapsmear dilakukan satu kali dalam setahun dan hasilnya dapat dilihat sekitar satu minggu kedepan karena diperlukan waktu dalam menganalisa sel-sel serviks,” katanya.

Selain pemeriksaan papsmear, juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat dari staf Poliklinik Lanud Sultan Iskandar Muda yang diikuti dengan antusias ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud Sultan Iskandar Muda dan PIA Ardhya Garini Anak Ranting 002-03-4/G.IV Kipan C Yonko 469 Paskhas. β€œBesar harapan saya, pemeriksaan ini dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu sekalian untuk mengetahui kondisi tubuh kita,” ujar Ny. Rulli Indrastanto.

Cegah Kanker Serviks, PIA AG Lanud Sim Adakan Pemeriksaan Papsmear