Berita

Cegah Kebakaran, Anggota Sekkau Berlatih Pemadaman Kebakaran

Dibaca: 27 Oleh 25 Okt 2018Tidak ada komentar
Cegah Kebakaran, Anggota Sekkau Berlatih Pemadaman Kebakaran
#TNIAU 

TNI AU.   Bencana merupakan peristiwa  yang berdampak besar bagi berbagai populasi.  Berbagai jenis bencana tersebut dapat terjadi melalui beragam faktor. Kebakaran sebagai salah satu dari jenis bencana bisa dicegah dan diantisipasi oleh manusia agar tidak terjadi.

Mengantisipasi terjadinya kebakaran, Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) melaksanakan latihan Pemadam Kebakaran bekerjasama dengan Base and Rescue Lanud Halim Perdanakusuma, bertempat di lapangan volley Ksatrian Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (25/10).

Mengawali latihan, Serka Subiyadi yang hadir bersama 3 orang rekannya memberikan pengenalan tentang kebakaran kepada seluruh anggota Sekkau.

Dijelaskan Serka Subiyadi, kebakaran merupakan api yang tidak bisa dikendalikan. Walaupun ada api besar namun bisa dikendalikan, tidak dapat disebut sebagai kebakaran.   Munculnya api dikarenakan adanya gabungan 3 unsur yaitu  adanya O², adanya panas, dan bahan bakar.

Adapun latihan pemadaman kebakaran dilaksanakan agar anggota Sekkau dapat menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dengan cepat, tepat dan efesien untuk mengantisipasi adanya kebakaran oleh api kecil juga api mula agar jangan sampai terjadi api besar yang dapat merugikan kita semua.

Baca juga:  Danlanud Zam Hadiri Rapat Evaluasi Tim Initial Planning Conference (IPC) dan Mabes TNI di Bandara Ex-Selaparang

Adalah tugas seluruh anggota Sekkau untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran, dengan mengantisipasi api awal, api kecil agar tidak berubah menjadi kebakaran.  Karenanya mengetahui dimana diletakkan titik-titik penempatan Alat Pemadam Api Ringan di lingkungan kita adalah penting, sehingga bila melihat ada kebakaran kecil bisa dapat dengan segera memadamkan api, tekan Subiyadi.

Pada kesempatan itu kepada seluruh anggota Sekkau juga dikenalkan berbagai jenis APAR serta fungsinya untuk menghindari kekeliruan dalam penggunaannya. Karena masing-masing APAR mempunyai spesifikasi terhadap penyebab terjadinya kebakaran.   Dalam langkah memadamkan api, adalah penting mengetahui jenis kebakarannya, karena kekeliruan menggunakan APAR akan menimbulkan bahaya bagi diri sendiri.

Untuk mengenalkan penggunaan APAR, kepada seluruh peserta latihan diberikan kesempatan untuk berlatih menggunakan alat-alat pemadam kebakaran disertai penjelasan dalam setiap macam kebakarannya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel