Berita

Cegah Narkoba, Lanud Halim Gandeng BNP DKI Jakarta

Dibaca: 2 Oleh 22 Sep 2015Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Lanud Halim Perdanakusuma menggandeng Badan Narkotika Provinsi (BNP) DKI Jakarta untuk mendeteksi pengguna narkoba bagi personelnya melalui pemeriksaan urine usai apel pagi, Senin (21/9) di parkiran delta 6 taxiway echo. Pemeriksaan dilakukan personel BNP DKI Jakarta dibantu anggota Satpom dan disaksikan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Umar Sugeng Hariyono, S.IP., S.E.,M.M., dan pejabat Lanud Halim Perdanakusuma lainnya.

Komandan Tim Pelaksanaan Kegiatan BNP DKI Jakarta PNS IV B Drs. Sapari Partodihardjo, Apt.,M.Kes., yang juga menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, menyatakan kegiatan tes urine merupakan deteksi awal terhadap pengguna narkoba dan zat psikoaktif lainnya (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya. “Melalui rapid tes, alat pendeteksi urine dapat diketahui secara cepat apakah personel menggunakan narkoba atau tidak,” jelas Drs. Sapari. Apabila ditemukan positif dari personel yang menjalani tes urine akan di assessment (ditelusuri bukti-buktinya sebagai pengguna atau pengguna dan pengedar), untuk kemudian direhabilitasi Urutan pelaksanaan tes meliputi absensi, mengisi formulir, periksa kesehatan di tim medis, pengambilan dan penyerahan urine serta absensi.

Baca juga:  Jabatan Komandan Lanud Palembang dan Astra Ksetra Diserahterimakan

Sementara itu, Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pom Agung Setya Wibowo menyampaikan dari 300 personel pria sebagai sampel tes semuanya negatif, atau tidak ada yang teridentifikasi sebagai pengguna narkoba. Ditambahkannya, program tes urine dadakan usai apel pagi merupakan perintah Komandan Lanud Halim Perdanakusuma bertujuan mendeteksi pengguna narkoba, sekaligus mencegah berkembangnya zat terlarang tersebut di lingkungan Lanud Halim Perdanakusuma.

Pelaksanaan tes urine BNP DKI Jakarta di Lanud Halim Perdanakusuma dilaksanaan oleh sekitar 40 personel yang berkualifikasi sebagai dokter/medis, penegakkan hukum, pencegahan, rehabilitasi dan administrasi umum. Terdapat pula 1 unit mobil BNP DKI Jakarta yang dapat melaksanakan tes narkoba melalui rambut. Di samping itu didukung pula anggota Satuan Polisi Militer Lanud Halim Perdanakusuma.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel