Berita

Cegah Separatis Pasukan Hanlan Lanud Husein Sastranegara Lakukan Penyisiran

Dibaca: 53 Oleh 24 Jul 2018Tidak ada komentar
Cegah Separatis Pasukan Hanlan Lanud Husein Sastranegara Lakukan Penyisiran
#TNIAU 

TNI AU.    Berdasarkan informasi Sekitar 30 orang separatis bersenjata terus menunjukkan eksistensinya dan berupaya menduduki Wilayah TNI AU di Pameungpeuk, Garut Jawa Barat.

Untuk menghadang para separatis tersebut, Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana S.E., M.M. mengambil tindakan cepat dan segera memerintahkan Satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Patroli Pertahanan Pangkalan menuju Wilayah TNI AU di Pameungpeuk .

Tiba di Pameungpeuk Danton Kapten Sus Widya Dhana melalui Dan Unit 1sampai 3 memberikan instruksi melaksanakan patroli keamanan di wilayah TNI AU yang diduga sudah dimasuki para separatis.  Saat penyisiran tiba tiba regu 1 dihadang Separatis berkekuatan 30 orang. Danru 1 segera meneruskan informasi kepada Danton.

Dengan Cepat Danton segera membagi kekuatan. Regu 1 diperintahkan melakukan pengikatan dengan tembakan balas kepada kelompok separatis, kemudian Regu 2 melaksanakan lambungan dan penyerangan guna menghancurkan seluruh kekuatan separatis tersebut.

Kontak senjata tidak terhindarkan, pasukan Pertahanan Pangkalan Lanud Husein terus bergerak maju memukul mundur para separatis hingga akhirnya sebagian separatis dapat dilumpuhkan dan sebagian lagi melarikan diri.

Baca juga:  Jabatan Komandan Lanud Adi Soemarmo Diserahterimakan

Tiba di titik kumpul pasukan segera mendirikan tenda dan melanjutkan Patroli kemanan sampai menjelang tengah malam dan melaksanakan jaga malam.

Besok Harinya seluruh pasukan pertahanan pangkalan kembali melak penyisiran dan terus berpatroli secara berkala di Lahan TNI AU Pemeungpeuk hingga situasi dan kondisi dinyatakan Aman dan terkendali.

Upacara pembukaan Latihan dipimpin Langsung oleh Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bayu Hendra Permana S.E., M.M. di lapangan Upacara Lanud Husein Sastranegara, Senin, (23/7).  Pelaku Latihan terdiri dari Personel Lanud Husein Sastranegara dan satu regu dari personel Koharmatau.

Danlanud Husein Sastranegara mengikuti langsung jalannya latihan. Disela sela latihan Danlanud Husein Sastranegara menyampaikan bahwa tujuan latihan ini adalah untuk membina dan meningkatkan keterampilan dan kemampuan Personel Lanud Husein Sastranegara dalam Pertahanan Pangkalan.
“Dengan adanya latihan Hanlan ini, diharapkan keterampilan dan kemampuan Personel Lanud Husein Sastranegara baik taktik maupun teknik dalam melaksanakan tugas operasi Pertahanan Pangkalan,” demikian Danlanud menjelaskan.

Latihan Pertahanan Pangkalan ini dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal sampai dengan 23 s/d 25 Juli 2018. di Wilayah TNI Pameungpeuk, Garut Jawa Barat.

Baca juga:  Antisipasi Terjadinya Ancaman, Pasis Seskoau A-57 Belajar Menyusun Rentinkon Di Koopsau ll

Latihan juga diikuti oleh Kadisops, Kadislog dan para perwira Lanud Husein Sastranegara serta tim pendukung lainnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel