Berita

Ceramah Agama Islam Syarat Sah Sholat

TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

TNI AU. Pembinaan rohani personel Kosekhanudnas III terus ditingkatkan dan diselenggarakan, setiap hari Rabu, bagi personel yang beragama Islam dilaksanakan secara intern di Gedung Balai Pertemuan Soewarto Kosekhanudnas III, dihadiri oleh Ketua IKKT PWA Cabang 04-Kosekhanudnas III Ny. Tanti Djohn Amarul, para Pejabat Kosekhanudnas III dan seluruh anggota Kosekhanudnas III baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kosekhanudnas III serta Ibu-ibu IKKT PWA Cabang 04 Kosekhanudnas III yang beragama Islam, setelah pelaksanaan apel pagi, Rabu (4/3/2020).

Kegiatan agama ini merupakan bagian dari program kerja pembinaan mental secara rutin diselenggarakan Kosekhanudnas III yang dilaksanakan secara intern seminggu sekali.  Acara dimulai dengan ceramah (tausiah) yang disampaikan langsung oleh Al Ustadz H. Hasbi Al Mawardi Lubis S.Pd.I., yang membahas tentang Syarat Sah Sholat,  dan  ceramah ditutup dengan berdoa bersama.

Dalam ceramahnya Al Ustadz H. Hasbi Al Mawardi Lubis S.Pd.I., menyampaikan bahwa syarat sah sholat sangatlah perlu untuk dipahami oleh setiap umat muslim, karena ajib dan syarat sah sholat merupakan persyaratan yang harus ada oleh setiap muslim sebelum mengerjakan sholat wajib lima waktu disetiap harinya.  Adapun syarat sah sholat dalam konteks ini merupakan sesuatu yg menjadi penentu suatu keabsahan suatu sholat, dan bukan bagian dari sholat sehingga syarat sah dan syarat wajib ini berbeda dengan rukun sholat karena rukun sholat merupakan bagian dari Shalat.

Baca juga:  Upacara Bendera Di Lanud Suwondo

Selanjutnya pengertian syarat sah sholat fardhu adalah ketentuan – ketentuan (syarat) yang harus dilakukan atau harus ada bagi setiap muslim dan muslimah yang akan mengerjakan shalat wajib lima waktu, agar sholat wajib lima waktu yang dikerjakannya menjadi Sah.  Adapun untuk syarat sah sholat fardhu sendiri terdiri dari 5 macam, antara lain : 1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar, 2. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari berbagai macam najis,            3. Menutup aurat, aurat laki-laki yaitu antara pusar sampai lutut, sedangkan bagi perempuan semua anggota badan kecuali muka dan telapak tangan, 4. Sudah masuk waktu shalat, 5. Menghadap kiblat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel