Berita

Ceramah Bintal TNI di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 143 Oleh 21 Jul 2016Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Personel Pangkalan Udara Adisutjipto bersama-sama dengan anggota TNI Garnisun Jogjakarta TNI AD dan TNI AL. Kamis, (21/7) mengikuti ceramah Safari Bintal TNI di Gedung Serba Guna Adisutjipto.

Ceramah diikuti tak kurang dari 600 personel, baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun Pegawai Negeri Sipil.

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus,SE dalam sambutan pengantarnya meyakini bahwa seluruh anggota TNI sudah menunjukkan yang terbaik, bahkan setiap langkah sudah sesuai dengan aturan, namun tidak menutup kemungkinan juga ada salahnya, oleh karena itu perlu adanya penyegaran kembali yaitu melalui safari Bintal TNI.

Lebih lanjut Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus,SE terkait dengan safari Bintal TNI menghimbau kepada para anggota untuk saling menghargai kebebasan beragama kepada orang lain, karena kepercayan itu pasti beda-beda, maka toleransi harus dikedapankan. Beliau yakin bahwa selama bisa saling menghargai, maka kehidupan kerukunan beragama akan terwujud dan juga akan solid.

Kegiatan Safari Bintal TNI merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia TNI, agar mempunyai mental tinggi, berjiwa disiplin serta patuh terhadap agama dan hukum yang berlaku, yang diharapkan akan menunjang pelaksanaan tugas satuan dengan benar dan tepat tanpa mengabaikan tujuan utama yang hendak dicapai.

Baca juga:  Menjaga Stamina Dengan Olah Raga Jalan Santai

Kegiatan Pembinaan Mental dari Tim Safari Bintal Mabes TNI ini dipimpin oleh Sespus Pusbintal TNI Kolonel Sus DR Kemalsyah, M.Ag dan Kasi Pelaksana Bintal Mayor Laut Oon Fauzi, S.Ag. Dalam ceramah pengantarnya Kolonel Sus DR. Kemalsyah, M.Ag, mengatakan bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan ini sudah menjadi recana Allah Swt. Artinya sudah tercatat di lauhul mahfudz, dan manusia tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi waktu kedepan. Oleh karena kata kunci hidup adalah bersyukur dan ibadah, ini adalah konskuensi hidup, imbuhnya.

Sementara dalan paparanya, Kolonel Sus DR. Kemalsyah, M.Ag, menjelaskan bahwa ada 4 indikator pembinaan mental TNI, yaitu mental rohani, mental Idiologi, mental Tradisi Kejuangan, dan mental Psikologi, ini adalah mutlak dibutuhkan, dalam kerangka untuk mewujudkan mental prajurit TNI yang berakhlak baik dan mempunya nilai juang yang tinggi. Selanjutnya dari 4 indikator tersebut diuraiakn secara detail satu persatu.

Kasi Pelaksana Bintal Pusbintal TNI Mayor Laut Oon Fauzi, S.Ag yang juga memberikan paparan safari bintal TNI, mengatakan bahwa ada 4 unsur pokok terkait dengan tugas pembinaan mental TNI yaitu Fisik/jasmani, intelektual/kecerdasan, dan mental itu sendiri. Pembinaan mental harus dilaksankan secara terus menerus, terpadu, dan konsisten, tanpu upaya tersebut maka akan berpotensi timbulnya berbagai pelanggaran, imbuhnya.

Baca juga:  Komandan Lanud Adisutjipto Berbagi Paket Lebaran

Lebih lanjut Mayor Laut Oon Fauzi, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan Safari Bintal TNI untuk memberikan pencerahan kepada para anggota yang nantinya akan terbentuk prajurit Saptamarga yang profesional dengan memiliki moralitas yang tinggi, sadar hukum, sehat dan sejahtera sehingga siap untuk menyukseskan setiap tugas yang diembannya.

Dalam ceramah Pembinaan Bintal bagi Anggota TNI dari berbagai Matra ini dihadiri oleh para pejabat dari Lanud Adisutjipto, Pejabat Korem, dan pejabat Pangkalan TNI AL Jogjakarta.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel