Berita

CERAMAH DISIPLIN MILITER DI LANUD HALIM

Dibaca: 346 Oleh 12 Jan 2012Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Ceramah tentang disiplin militer secara berkesinambungan dilaksanakan oleh Kepala Hukum Lanud Halim Letkol Sus Taufan Handriawan, SH; beserta stafnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (11/01). Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilakukan pada saat ‘Jam Komandan’ di lapangan apel.

Mayor Sus Arisjadi, SH; selaku Kaur Bankum Lanud Halim P menjelaskan kepada anggota Skadron Udara 45 tentang apa saja yang dimaksud dengan disiplin militer. Jika seorang prajurit TNI AU terlibat dalam suatu kasus yang melanggar aturan, maka akan mendapatkan tindakan disiplin, atau hukuman disiplin ataupun hukuman pidana. Hal ini atur oleh sanksi administrasi dalam Peraturan Kasau No 96/XI/2008. Tindakan disiplin, adalah, suatu tindakan seketika yang dapat diambil oleh setiap atasan terhadap bawahan yang melakukan pelanggaran hukum disiplin. Sedangkan yang dimaksud dengan atasan adalah seseorang dengan pangkat yang lebih tinggi.

Demikian pula yang dimaksud dengan hukuman disiplin, hukuman yang dijatuhkan oleh atasan hukum (Ankum) terhadap prajurit yang melakukan pelanggaran hukum disiplin. “Ada beberapa jenis hukuman disiplin”, ungkapnya. “Hukuman disiplin ringan seperti teguran lisan, tertulis dan pernyataan tidak puas secara tertulis, Namun untuk hukuman disiplin berat adalah turun pangkat setingkat lebih rendah, bebas jabatan ataupun berhenti tidak dengan hormat. Contoh seperti yang telah kita saksikan pemecatan secara tidak hormat salah satu anggota yang desersi pada beberapa waktu lalu”, tandas Mayor Sus Arisjadi, SH.

Baca juga:  MENGINJAK TAHAP TERBANG SEKBANG PSDP TNI HELIKOPTER SYUKURAN

Harapan kami semoga dengan ceramah hukum jam Komandan ini memberikan pencerahan dan kesadaran anggota Lanud Halim dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, agar lebih berhati-hati lagi dalam bertindak, berbuat dan bersikap.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel