Berita

CERAMAH HIV/AIDS DI SMA NEGERI 1 RANAI

Dibaca: 5 Oleh 01 Okt 2012Tidak ada komentar
CERAMAH HIV/AIDS DI SMA NEGERI 1 RANAI
#TNIAU 

Rumah Sakit (Rumkit) TNI Angkantan Udara Ranai melaksanakan ceramah HIV/AIDS dalam rangkaian kegiatan Operasi Teritorial Terpadu melalui Bakti TNI di wilayah Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2012 yang disampaikan oleh Kepala Rumkit TNI AU Ranai Mayor Kes dr. Budi Saptono, Sp.PD kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Ranai di Aula SMA Negeri 1 Ranai, Sabtu (29/9).

Kepala SMA Negeri 1 Ranai yang di Wakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Sri Hartati mengatakan, kami berterimakasih kepada rumkit lanud ranai atas kedatangannya ke SMA 1 Ranai dalam rangka sosialisasi HIV/AIDS terhadap siswa-siswa.

“Harapan kami dari pihak sekolah mudah-mudahan apa yang disampaikan oleh pihak TNI AU Ranai kami mengharapkan siswa siswi SMA Negeri 1 dan guru –guru mengetahui seluk beluk dari pada HIV/AIDS yang mana gejala,terinfeksi, mudah-mudahan mereka paham dan mengerti dan dapat menjadi pegangan masa depan mereka nantinya dan juga mereka harus memperhatikan apalagi remaja-remaja sekarang kita harus memperhatikan pergaulan-pergaulan mereka ,” ujarnya.

Dalam ceramahnya Karumkit mengatakan, para siswa-siswi tidak perlu takut kepada penderita HIV/AIDS ini karena HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

Baca juga:  Mayor Pnb Luluk Teguh “Wiggler” Raih 1000 Jam Terbang dengan T-50i Golden Eagle

Oleh karena itu, kata Karumkit, penularan penyakit ini dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Selanjut Karumkit menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk membekali siswa-siswi dengan materi kesehatan terutama yang berkaitan dengan HIV/AIDS agar generasi penerus bangsa Indonesia khususnya para siswa-siswi SMA Negeri 1 Ranai terhindar dari penyakit yang mematikan ini,”jelasnya.

Selain siswa kelas 3, kepala sekolah dan para guru juga mengikuti ceramah HIV/AIDS yang disampaikan Mayor Kes dr. Budi Saptono, Sp.PD ceramah mendapat simpati dari para siswa dengan respon tanya jawab yang berlangsung sangat harmonis.Pen/Rni.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel