TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Ceramah Hukum Di Yonko 464 Paskhas

IMG_9910

TNI AU. Bertempat di Aula Oman Jumarna, Mayonko 464 Paskhas, segenap prajurit dari satuan tersebut beserta prajurit Denmatra 2 Paskhas mendapatkan penyuluhan hukum dari Dilmil III-12 Surabaya.

Letkol Laut (KH/W) Koerniawaty Sjarif, S.H., M.H., dari Dilmil III-12 Surabaya selaku narasumber memberikan penyuluhan tentang fungsi pengadilan militer dihadapan seluruh prajurit. Narasumber menjelaskan bahwa salah satu fungsi pengadilan militer ialah memeriksa dan memutus dalam peradilan tingkat pertama perkara kejahatan dan pelanggaran serta mengatur dan meneruskan permohonan banding, grasi, kasasi serta peninjauan kembali perkara-perkara yang menjadi kewenangannya.

Lebih lanjut, narasumber juga menjelaskan bahwa kewenangan yang dimaksud antara lain menangani perkara militer aktif berpangkat Kapten kebawah, sedangkan untuk pangkat Mayor hingga Kolonel dibawah kewenangan Peradilan Militer Tinggi. Sementara untuk perwira tinggi akan dilaksanakan oleh Pengadilan Militer Utama.

Penyuluhan hukum tersebut dimaksudkan agar seluruh prajurit memahami fungsi dan tugas peradilan militer yang mana pada kesempatan ini juga dikupas secara tuntas tentang misi yang diemban lembaga tersebut diantaranya mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan dan transparansi dan melaksanakan pengawasan dan pembinaan yang efektif dan efisien.

Pada kesempatan tersebut dihadiri pula pejabat dari kedua satuan yakni Dandenmatra 2 Paskhas, Wadanyonko 464 Paskhas dan pejabat dari Dilmil III-12 Surabaya antara lain Letkol CHK Syaiful Ma’arif, S.H. dan Mayor CHK Tatang Sujana Krida, S.H. serta dari Staf Hukum Korpaskhas, Letkol Sus Agus Suprapto, S.H., M.si.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Ceramah Hukum Di Yonko 464 Paskhas