Berita

Ceramah Kapusbintal TNI di Lanud El Tari

Dibaca: 9 Oleh 28 Okt 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Ceramah safari Bintal Fungsi Komando TNI di wilayah koordinasi Kodam IX/ UDY dilaksanakan di Lanud El Tari. ceramah di sampaikan langsung oleh Kapusbintal TNI Laksma TNI Ir. Daradjat Hidajat,M.AP yang di hadiri oleh Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kolonel Pnb Jorry, S.Koloay,S.IP dan para Perwira dari tiga Angkatan yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Jumat (28/10).

Ceramah yang disampaikan Kapusbintal TNI bahwa sangat penting bagi Prajurit TNI dalam pembinaan mental guna memantapkan kualitas prajurit TNI dalam mencegah berbagai pelanggaran yang terjadi. Diera kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini telah memberikan keleluasaan bagi masyarakat dalam memperoleh berbagai macam informasi, sehingga setiap saat masyarakat dapat mengakses informasi sesuai kebutuhannya, baik informasi positif maupun negatif hal ini perlu mendapatkan perhatian serius adalah adannya informasi negatif yang diperoleh masyarakat, karena apabila masyarakat tidak memiliki kualitas mental yang tangguh sebagai filter untuk menyaringnya, maka informasi tersebut akan memberikan dampak negatif bagi pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Fenomena yang terjadi ini akibat dampak negatif kemajuan teknologi dan komunikasi yang dapat mempengaruhi semakin menipisnya penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti pelanggaran hukum, memudarnya nilai keadilan, kejujuran, tanggung jawab, meningkatnya stres para Prajurit, sehingga perlu adanya peningkatan keimanan dan ketakwaan bagi prajurit TNI.

Baca juga:  Pangkoopsau II Pimpin Sertijab Komandan Lanud Hasanuddin

Dengan ceramah ini diharapkan seluruh prajurit TNI dapat menyikapi kondisi kehidupan masyarakat sekelilingnya guna mencegah terjadinya pelanggaran. Adapun cara untuk mencegah terjadinya penurunan mental prajurit dengan cara; meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan etos kerja dan disiplin dalam menghadapi suatu tugas yang diberikan oleh atasannya dengan baik.

Tujuan pembekalan bagi perwira TNI dari tiga mantra adalah untuk memahami secara utuh tentang pentingnya Bintal sebagai fungsi komando guna membina diri sendiri dan prajurit di satuan masing-masing agar memiliki mental tangguh dan siap melaksanakan tugas pokok/siap tempur.mental tidak menentukan profesionalisme prajurit tetapi tampa mental prajurit tidak akan profesional, profesionalisme dan mental seperti halnya dua sisi mata uang yang dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan.Hakekat dari Bintal Fungsi Komando adalah proses pembentukan, pengembangan, pemeliharaan, pendayagunaan watak dan kepribadian prajurit Sapta Marga yang dapat mendukung pelaksanaan OMP dan OMSP yang penyelenggaraannya menjadi kewajiban dan tanggung jawab Komandan/ Atasannya.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel