Berita

Ceramah Kesehatan Covid 19 Bagi Personel Lanud Abd Saleh dan Insub

Ceramah Kesehatan Covid 19 Bagi Personel Lanud Abd Saleh dan Insub
#TNIAU 

TNI AU.  Mengantisipasi merebaknya virus corona 19 yang terjadi di tanah air, sekaligus meneruskan arahan pimpinan TNI bagi anggota TNI AU yang ada di Malang, Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat, mengagendakan pelaksanaan ceramah kesehatan, Senin (16/3/2020). Ceramah kesehatan disampaikan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) dr M. Munir Lanud Abdulrachman Saleh Mayor Kes dr Ahmad Yunus, Sp. OG., usai apel pagi di depan tribun Stadion Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh.

Karumkit dr M. Munir Lanud Abdulrachman Saleh Mayor Kes dr Ahmad Yunus, Sp.OG., dalam ceramahnya menyampaikan virus corona 19 merupakan penyakit karena virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus corona sudah ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai pandemi global yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, pnemonia akut dan kematian. Dijelaskan sebelum virus corona 19 menjalar ke seluruh dunia, penduduk dunia sebelumnya pernah dijangkiti penyakit global yaitu Flu Spanyol, kemudian Flu Asia (Mers), Flu Rusia, Flu Burung (Sars) Singapura yang menelan jutaan orang sebagai korbannya.

Baca juga:  Mobil Pintar di Lanud Iswahjudi

Ditambahkan, Dokter Yunus dengan merebaknya virus corona ke Indonesia, pemerintah telah menetapkannya sebagai bencana nasional non alam. Penyakit ini awalnya muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 dan dalam dua bulan saja sudah menginfeksi ke 117 negara. Gejala penyakit ini seperti sakit flu pada umumnya dengan tanda-tanda panas, batuk, pilek, nyeri otot, radang paru-paru, sesak, nyeri dada, sesak nafas. Walaupun telah menjalar ke berbagai negara, namun prosentase angka kematiannya tergolong rendah yaitu sekitar empat prosen saja. Bandingkan dengan flu mers yang angka kematiannya mencapai 34 prosen. Virus corona ini umumnya menyerang orang yang daya tahan tubuhnya rendah seperti orang tua, Balita, Ibu Hamil dan orang yang menderita penyakit menahun.

“Untuk mengurangi penyebarannya beberapa cara ditempuh pertama, menghindari kontak dengan penderita (aktifitas di luar), kedua tidak bepergian ke tempat-tempat umum, dan ketiga menerapkan pola hidup sehat (selalu cuci tangan).  Sedangkan untuk pencegahannya pertama hindari kontak dengan anggota yang terkena virus, kedua jangan bepergian ke tempat-tempat ramai, hentikan bepergian yang tidak perlu, hindari berkerumun dan terapkan pola hidup sehat,” pungkasnya.

Baca juga:  Peterjun Free Fall Yonko 462 Paskhas Ikuti Kejuaraan Prapon ke-20 di Manado

Selanjutnya staf Rumah Sakit dr M. Munir yang dipimpin Sekretaris Rumah Sakit Mayor Kes Ali Imron, S.Kep., memberikan sosialisasi dan peragaan tentang tata cara batuk dan cuci tangan yang sehat. Antara lain, dijelaskan kalau batuk harus ditutup dengan masker, tisu atau lengan baju kanan benar.  Demikian pula dicontohkan tahapan-tahapan cuci tangan yang sehat.

Setelah ceramah diadakan tanya jawab kemudian arahan dari Kadisops Kolonel Pnb Erwin Sugiandi tentang gerakan tangan pengganti jabat tangan dan terakhir pembacaan doa. Tampak hadir dalam ceramah tersebut Dandepohar 30 Kolonel Tek Semri Bija, S.E., Para Kadis Lanud Abd Saleh juga para anggota dari Lanud Abd Saleh, Depohar 30, Yonko 464 Paskhas, Denmatra 2 Paskhas, Sesa Abd Saleh dan GPP 5.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel