Berita

Ceramah Kesehatan Di Makoopsau I

Dibaca: 11 Oleh 07 Jun 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Bertempat di Gedung Serbaguna Makoopsau I Pangkoopsau I Marsda TNI Bagus Puruhito membuka ceramah kesehatan yang bertema “Pola Hidup Sehat Dapat Mencegah Penyakit Degeneratif dan HIV/AIDS”, Kamis (7/6).   Dalam sambutannya Panglima sedikit mengulas tentang Penyakit Degeneratif, Bahwa Penyakit Degeneratif adalah isitilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Penyakit tersebut belakangan ini sudah merambah ke penderita berusia 30 sampai 40 tahun. Padahal dulu penyakit degeneratif bisa disebut sebagai penyakit yang mengiringi proses penuaan dan menyerang orang diatas usia 50 tahun. Penyakit yang masuk dalam kelompok ini antara lain diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kanker, dan sebagainya.

Untuk membahas lebih jauh tentang masalah itu maka dihadirkan Letkol Kes dr. Suryantini Sp. D dan dr. A. Andriani. MS, Sp.Ok, Sp.OG dari RSPAU dr. Esnawan Antariksa Halim Perdanakusuma. Dalam ceramah tersebut dijelaskan tentang penyakit AIDS dan akibatnya. AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Penyakit AIDS yaitu suatu penyakit yang ditimbulkan sebagai dampak berkembangbiaknya virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) didalam tubuh manusia, yang mana virus ini menyerang sel darah putih (sel CD4) sehingga mengakibatkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. Hilangnya atau berkurangnya daya tahan tubuh membuat si penderita mudah sekali terjangkit berbagai macam penyakit termasuk penyakit ringan sekalipun.

Acara yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Makoopsau I ini mendapat respon yang cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya para personel Koopsau I yang bertanya. Kegiatan Ceramah Kesehatan ini adalah merupakan rangkaian kegiatan HUT Koopsau yang ke-61.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pia Daerah I Koopsau I Ny. Rina Bagus Puruhito beserta Wakil Ketua Ny. Juwita Bonar H Hutagaol dan Para Pengurus, Kaskoopsau I Marsma TNI Bonar H Hutagaol, Para Asisten dan Pejabat Koopsau I, Seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Koopsau I.

Baca juga:  Gubernur AAU Berikan Pengarahan pada Pejabat Wingkorps Taruna

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel