Berita

CERAMAH KESEHATAN IKKT PWA RANTING 02 KOSEKHANUDNAS I

Dibaca: 12 Oleh 05 Apr 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 02 Kosekhanudnas I mengadakan acara pertemuan anggota sekaligus arisan yang dilaksanakan di Aula Iskandar Makosekhanudnas I, Jakarta, Kamis (4/4).  Acara ini semakin terkesan dengan diberikannya ceramah kesehatan tentang penyakit yang sudah populer yaitu penyakit Tipes dan Demam Berdarah Dengue (DBD) oleh Satkes Kosekhanudnas I.

Dikatakan oleh Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 02 Kosekhanudnas I, Ny. Annie Tri Budi Satriyo dalam sambutan singkatnya menjelaskan tentang pentingnya menghadiri acara pertemuan anggota, selain untuk mempererat tali silaturahmi juga menambah wawasan dan informasi. Diharapkan dengan ceramah kesehatan yang diberikan akan menjadikan ibu-ibu anggota IKKT semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan, terutama kesehatan keluarga.

Selanjutnya, oleh Kakes Kosekhanudnas I, Mayor Kes Muroji, AMK. memberikan ceramah kesehatan tentang penyakit Tipes dan DBD. Dijelaskan bahwa penyakit Tipes/ Demam Typoid merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus, terkadang terdapat pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Samonella typhi atau Salmonella paratyphi. Dikatakn bahwa orang yang terkena tipes biasanya timbul gejala seperti demam berlahan-lahan, berkurangnya nafsu makan selama berhari-hari, susah buang air besar, denyut jantung terasa melambat, terjadi ruam pada permukaan kulit serta terjadi pembengkakan limpa. Penyakit ini dapat dicegah dengan menyediakan air minum yang higienis, membuang kotoran manusia pada tempatnya, membiasakan lingkungan selalu bersih, mencuci tangan setelah BAK dan BAB, Jelas Mayor Kes Muroji.

Baca juga:  PIA Ardhya Garini Cab 12/D.I Lanud Rsn Workshop Sospeso

Sedangkan mengenai penyakit DBD, Mayor Kes Muroji mengatakan bahwa penyakit ini merupakan penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah, perjalanan penyakitnya yang cepat dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat. Penularan penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini dapat dicegah melalui pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3 M, yaitu menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan.

 

 

 

Di akhir acara Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 02 Kosekhanudnas I, memberikan cindera mata ucapan rasa terimakasih kepada Mayor Kes Muroji yang telah memberikan pengetahuan mengenai penyakit Tipes dan DBD. Acara berakhir dengan dilaksanakannya pengocokan arisan serta pembagian doorprize.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel