Berita

Ceramah Kesehatan Keluarga bagi Pasis dan Warga Seskoau

Dibaca: 25 Oleh 06 Mar 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Bertempat di GOR Grha Widya Dirgantara Seskoau, Lembang, personel Seskoau mengikuti ceramah kesehatan dari dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK., Senin (5/3). Ceramah merupakan upaya Seskoau untuk mewujudkan keluarga besarnya yang sehat dan bahagia.

Dalam sambutannya Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar, S.E., mengingatkan para personel Seskoau untuk dapat mengikuti ceramah dengan penuh perhatian agar menambah cakrawala berfikir dan bertindak sehingga keluarga yang sehat dari anggota Seskoau dapat diupayakan dengan sebaik-baiknya. Komandan juga menambahkan melalui penerapan cara hidup sehat, diharapkan keluarga besar Seskoau dapat mencapai kebahagiaan dengan sebenarnya.

Sementara itu dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK., sebagai dokter spesialis Kulit dan Kelamin, RUSPAU Antariksa Lanud Halim, Jakarta antara lain menguraikan mengenai bahayanya beberapa penyakit infeksi menular seksual (IMS). Dipaparkan akibat kemajuan zaman dan teknologi, sendi-sendi kehidupan keluarga yang bahagia turut terkena dampak yang luas baik pada orang tuanya maupun anak-anaknya. Ditambahkan bagi kaum pria, penyakit yang rawan antara lain IMS. IMS merupakan infeksi yang sebagian besar menular lewat hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular. IMS menurut dokter Inong disebut juga penyakit kelamin/penyakit kotor yang tanda-tandanya dapat dilihat selain pada alat kelamin juga ada di mata, mulut, saluran pencernaan, hati dan lainnya. Beberapa penyakit IMS antara lain HIV/AIDS, jengger ayam, kencing nanah, klamodia, raja singa, hepatitis, keputihan dan herpes kelamin.

Baca juga:  Dankorpaskhas Buka Komando Angkatan ke-43

Penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah antara lain dengan cara saling setia dengan pasangan (be faithfull), tidak berzina, memakai kondom dan tidak berhubungan sex di luar pasangan ketika dinas luar. Ditekankan oleh dr. Inong di Jakarta Utara pada tahun 2000 ketika diadakan angket dari 500 orang pekerja seks bebas, 70 prosennya positif terkena infeksi penyakit menular, hal ini merupakan indikasi bahwa kehidupan seks bebas sangat rawan terjangkit penyakit IMS.

Ceramah kesehatan di Seskoau dihadiri pula oleh Wadan Seskoau Marsekal Pertama TNI Madar Sahib HS., Psc., SSP., Ketua PIA AG CBS Seskoau Ny. Boy Syahril Qamar, Wakil Ketua PIA AG CBS Seskoau Ny. Madar Sahib, dan pengurus PIA AG CBS Seskoau, juga Pejabat, Dosen dan Perwira Penuntun, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Perwira Siswa Seskoau angkatan 49.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel