TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Ceramah Komsos TNI Matra Udara di Lanud Soewondo

By 26 Jul 2018Berita, Koopsau 1
20180726_085924

TNI AU. Pangkalan TNI AU Soewondo melaksanakan ceramah Komunikasi Sosial TNI Matra Udara bertempat di aula Silindung Lanud Soewondo. Kamis (26/7)

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey dalam sambutannya mengatakan bahwa pertahanan negara pada hakekatnya adalah segala upaya pertahanan yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban setiap warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri untuk menjaga dan melindungi kedaulatan serta keselamatan bangsa dari segala bentuk ancaman. Sistem pertahanan negara kita adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional serta sarana prasarana nasional yang pembinaannya dilaksanakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan daya tangkal negara dan bangsa yang diselenggarakan oleh pemerintah serta dipersiapkan secara dini, terpadu dan berkelanjutan. Salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan yang dilaksanakan sesuai matra masing-masing yang salah satunya adalah Matra Udara. Pangkalan TNI AU Soewondo adalah satuan komando kewilayahan yang mempunyai tugas untuk pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta khususnya di wilayah Medan dan sekitarnya.

Selanjutnya Danlanud menyampaikan bahwa perkembangan lingkungan strategis dewasa ini sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman, baik ancaman militer, ancaman nonmilter atau ancaman hibrida, sehingga menuntut adanya bentuk pertahanan negara yang efektif dan berdaya tangkal tinggi, yang didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri untuk mewujudkan dan mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI sebagai satu kesatuan kekuatan pertahanan dan daya tangkal yang tangguh. Upaya yang dilaksanakan guna mencapai hal tersebut, salah satunya dalah melalui pembinaan kesadaran bela negara guna mewujudkan bangsa Indonesia yang memiliki sikap dan perilaku yang dijiwai kencintaan kepada NKRI. Kegiatan yang digelar sekarang ini pada hakekatnya merupakan implementasi dari undang-undang tentang bela negara yang pada pokoknya menyebutkan bahwa bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara, termasuk dalam hal ini kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa ini.

Danlanud juga berharap kepada para peserta Komsos TNI Matra Udara untuk menanyakan langsung bilamana ada hal-hal yang belum jelas dan kurang dipahami kepada pemberi materi, dengan begitu maka tujuan dan sasaran dari kegiatan Komsos ini dapat tercapai dengan baik, Pungkas Danlanud.

Acara yang turut dihadiri Kadislog Lanud Swo Letkol Kal Frans E.B Siregar dan Dansatpom Mayor Pom I Gede Santika dilanjutkan dengan Penyampaian Materi oleh Pemberi Materi yang dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab. Tampil sebagai Pemberi Materi pada acara tersebut yaitu Mayor Tek Sugeng Kasi Opslat Disops Lanud Swo dan Mayor Kes Gagarin Aritonang Kasi Binpotdirga Disops Lanud Swo, dan sebagai peserta Komsos terdiri dari OKP/Ormas KNPI, PPM, Pandawa dan Bankom Wira Waskita, serta pelajar tingkat SMA dari SMA Angkasa, SMA Negeri 2, SMA Nanyang, SMA Imanuel, PNS Lanud Swo dan Pramuka Saka Dirgantara Medan. (Pen Lanud SWO)

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Ceramah Komsos TNI Matra Udara di Lanud Soewondo