Berita

Ceramah Lambangja Di Lanud Roesmin Nurjadin

Dibaca: 3 Oleh 25 Nov 2014Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Bertempat di Gedung Serbaguna Lanud Roesmin Nurjadin, sejumlah personel Lanud Roesmin Nurjadin menerima ceramah Keselamatan Terbang dan Kerja yang disampaikan oleh tim dari Dislambangjaau. Kamis, (20/11).

Kedatangan tim Dislambangjaau di Lanud Rsn ini dipimpin langsung oleh Kadislambangjaau, Marsma TNI Ras Rendro, SE. Acara ini diawali dengan sambutan Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis.

Dalam sambutannya, Danlanud Rsn menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan tim dari Dislambangjaau di Lanud Rsn dalam rangka memberikan ceramah tentang pencegahan kecelakaan penerbangan di Lanud Rsn. Danlanud Rsn juga menyampaikan bahwa, faktor keselamatan terbang dan kerja merupakan prioritas utama dalam setiap pelaksanaan tugas-tugas di Lanud Rsn.

Mengingat demikian pentingnya ceramah tentang keselamatan terbang dan kerja ini, Danlanud Rsn menghimbau seluruh anggotanya untuk mengikuti ceramah ini dengan sebaik-baiknya.

Ceramah keselamatan terbang dan kerja oleh Dislambangjaau ini diisi dengan paparan Psikologi dan keselamatan penerbangan yang disampaikan oleh Letkol Kes Sri Astuti. Pada paparannya disampaikan tentang tinjauan psikologi terhadap aspek-aspek penerbangan dalam rangka peningkatan keselamatan penerbangan. Disampaikan bahwa, profesi penerbang terutama penerbang TNI Angkatan Udara memerlukan kemampuan yang tinggi dan attitude yang sesuai. Selain itu juga dibutuhkan motivasi yang kuat dan sehat, kemampuan adaptasi terhadap tuntutan psikologis yang menekan (stressfull) dan sejumlah tuntutan lainnya.

Baca juga:  Safari Tarawih Perkokoh Ukhuwah Islamiyah

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya harus dikuasai/dimiliki oleh seorang penerbang adalah Situational awareness (SA) yakni, waspada mengetahui apa yang mungkin akan terjadi di sekitar kita sehingga bisa mempersiapkan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Pada kesempatan tersebut juga dijabarkan tentang tahapan-tahapan dalam mewaspadai situasi yang terjadi tersebut.

Pada sesi akhir ceramah Lambangja ini, diisi oleh Kadislambangjaau yang menyampaikan kebijakan Kasau di bidang keselamatan terbang dan kerja yakni melaksanakan tugas dgn baik tanpa celaka atau “mission accomplished, safety always”.

Kadislambangjaau menekankan pentingnya tanggung jawab dari seluruh personel TNI AU agar terlibat aktif dan proaktif dalam upaya pencegahan incident/accident.

Ceramah Lambangja ini diikuti oleh seluruh kepala Dinas dan Komandan satuan jajaran Lanud Rsn, seluruh penerbang Skadron Udara 12, sejumlah perwira lainnya dan anggota jajaran Lanud Rsn beserta Insub.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel