Berita

CERAMAH LAMBANGJA DI LANUD SJAMSUDIN NOOR

Dibaca: 5 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Untuk memperkecil bahaya keselamatan dalam terbang dan keselamatan bekerja Lanud Sjamsudin Noor merasa perlu untuk mengadakan sosialisasi guna mencapai Zero Accident. Dalam ceramahnya yang disampaikan oleh Kasi Lambangja Lanud Sam Lettu Tek Gusti Rizhan S, Amd, mengingatkan akan bahaya kerja sekaligus sosialisasi pembinaan lambangja di lanud tipe C. Pada ceramahnya yang disampaikan didepan anggota Lanud Sam bahwa keberadaan seksi lambangja tidak hanya mengawasi kerja melainkan keselamatan kerja menjadi tanggung jawab bersama dalam menjalankan tugas sehari-hari.

 

Pada kesempatan itu pula dalam ceramahnya Kasi Lambangja juga memberikan contoh-contoh yang berbahaya dalam keselamatan kerja pada tampilan slide proyektor, seperti misalnya: merokok tidak pada tempatnya, tidak menggunakan pengamanan bila bekerja dalam tempat ketinggian, melaksanakan pengecekan landasan guna pendaratan pesawat, dan lain sebagainya. Selain itu pula mengingat tibanya masuk musim kemarau diwilayah Kalimantan maka tidak bosan-bosannya tim mengingatkan kepada seluruh anggota untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, pastikan rokok sudah mati dan aman, serta tidak membakar-bakar sampah tanpa pengawasan karena dapat dengan mudah mejalar kemana-mana mengingat wilayah Kalimantan ini sangat rawan sekali akan kebakan hutan.

Baca juga:  Kasau :“Strategi Membangun safety culture dalam rangka mencapai zero Accident“

 

Diakhir ceramahnya Tim juga memaparkan hasil rakornis lambangja yang dilaksanakan di Mabesau Jakarta yaitu antara lain faktor-faktor penyebab kecelakaan terbang dan kerja adalah 5 M : Manusia, Material, Media, Misi/Mission, Manajemen. Selain itu juga menjelaskan tentang tindakan dalam Emergency Response Plan, yaitu:

 

– Menyelamatkan dan melindungi nyawa

 

– Memenej resiko dari kerusakan atau korban.

 

– Mendata korban

 

– Melapor pada atasan

 

– Mengadakan operasi pemulihan keadaan

 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Lanud Sam, baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel