Berita

Ceramah Lo Kodam XVI/Ptm Kolonel Pnb Imam Subekti, S.T., Mir Kepada Prajurit Kodam

Dibaca: 53 Oleh 14 Sep 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kolonel Pnb Imam Subekti, S.T., MIR. memberikan ceramah dan wejangan di hadapan 1300 prajurit dan perwira jajaran Kodam XVI/Pattimura bertempat di lapangan tembak Yonif 733 Masariku, Waiheru Pulau Ambon, Jumat (9/9).

Dalam kesempatan tersebut, ada tiga point pentingyang disampaikan terkait pentingnya manajemen pelaksanaan tugas di satuan, mulai dari perencanaan/persiapan, penyusunan organisasi tugas, mekanisme pelaksanaan tugas serta bagaimana menjalankan fungsi kontrol oleh pimpinan, yang semuanya harus ditangani dengan baik. Manajemen tersebut adalah pertama, ada pemahaman tugas pokok tiap individu sebagai anggota tim. Kedua, adanya kesadaran, kemauan serta kepedulian untuk berbuat yang terbaik bagi satuan dengan tanpa pamrih dan ketiga adanya kerjasama yang kohesif dalam suatu team work pada setiap pelaksanaan tugas, antara pimpinan satuan kerja dengan para anak buah atau bawahannya.

Selain itu, LO AU menceritakan pengalamannya ketika mengawasi kegiatan program Serbuan Teritorial Kodam yang salah satu diantaranya yaitu kerjasama Cetak Sawah Baru antara Kodam XVI/Pattimura dan Dinas Pertanian Maluku Utara, khususnya di wilayah Morotai. Dalam tugasnya sebagai Tim Peninjau dan Pengawas kegiatan itu, awalnya ditemukan kurang tertatanya manajemen kegiatan cetak sawah dengan baik, sehingga banyak salah sasaran lokasi kerja dan kurangnya jumlah pencapaian target luas sawah dari yang ditetapkan.

Baca juga:  Danlanud Rsn Buka Riau Open Marching Competition 4

Kemudian LO AU bersama tim pengawas mengonsolidasi seluruh unsur kegiatan dari kepala pelaksana lapangan, Komandan Kodim, Danramil dan Babinsa serta Mitra. Tim pengawas mengurai simpul masalah dengan mengoreksi rencana kerja, kemudian mengoptimalkan susunan organisasi tugas dengan penyesuaian kemampuan dan kekuatan personel lapangan serta peralatannya. selanjutnya menjelaskan tupoksi masing-masing bagian dengan koreksi target dan lokasi sasaran. Kemudian stake holder dari mitra dan pemerintahan setempat diwajibkan berperan aktif terlibat langsung sesuai fungsinya. Setelah berjalan satu minggu, dengan bimbingan dan pengarahan teknis kepada semua unsur, pada akhirnya kegiatan cetak sawah baru mulai dapat berjalan kembali dengan progress positif dibawah kontrol yang melekat dari unsur pimpinan, sehingga tim pengawas berharap program cetak sawah baru dalam Serbuan Teritorial di Maluku Utara dapat tuntas sesuai addendum target dan jadwal pekerjaan.

Di akhir ceramahnya, LO menekankan bahwa itu semua bisa berjalan, karena adanya kesadaran, kepedulian dan kemauan keras dari tiap unsur yang terlibat untuk bekerja sungguh-sungguh sesuai fungsi dan porsinya masing-masing. Oleh karena itu seluruh prajurit Kodam XVI/ Pattimura harus dapat memahami tugas pokoknya, memiliki kepedulian serta kemauan keras untuk berbuat terbaik bagi satuan serta menciptakan daya kohesi dalam suatu Team Work, sehingga mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

Baca juga:  PIA Ardhya Garini Adakan Pertandingan Futsal Pakai Sarung

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel