Berita

Ceramah Narkoba di Lanud Sulaiman

Dibaca: 25 Oleh 22 Okt 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Bandung, (22/10) Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sulaiman Ny. Elianto Susetio dan para pengurus Yasarini mengundang penceramah dari BNN ( Badan Narkotika Nasional) Propinsi Jawa Barat dalam rangka kegiatan pemberdayaan lembaga Pendidikan bidang P4GN yang digelar di Gedung Balai Prajurit Cendrawasih. Acara tersebut dihadiri oleh Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb. Elianto Susetio, S.I.P, para kepala dinas, para komandan skadik, perwakilan perwira, bintara, tamtama, PNS, dan para siswa dibawah binaan yasarini baik tingkat SLTP maupun SMU atau SMK.

Kepala BNNP Jabar Brigadir Jendral Polisi Drs. Anang Pratanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Yasarini Cabang Sulaiman dan memberikan piagam penghargaan karena telah ikut berpartisipasi, dan berperan secara aktif melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) sebagaimana yang tertuang dalam Instruksi Presiden RI No. 12 tahun 2011 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional P4GN tahun 2011-2015.

Lebih lanjut Kepala BNNP Jabar menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengambil peran sesuai dengan fungsi masing-masing dengan cara memberikan pemahaman menyeluruh kepada semua lapisan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba sehingga terbentuk ketrampilan setiap invididu untuk menolak dan mengatakan tidak pada narkoba. Mendorong dan membantu para korban penyalahgunaan narkoba untuk mengikuti program rehabilitasi. Melaporkan kepada pihak yang berwajib terdekat bila menemukan tindak penyalahgunaan narkoba ada disekitar lingkungannya. Kerahasiaan dan keamanan pelapor dijamin oleh undang-undang.

Baca juga:  Kunjungan Perwira Thailand Ke Markas Kohanudnas

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula materi tentang narkoba, jenis-jenis, dan akibatnya dari pemakaian zat berbahaya tersebut.

Psykotropika terbagi menjadi 4 golongan: psykotropika gol I, gol II, gol III dan gol IV. Psykotropika yang sedang populer dan banyak yang disalahgunakan adalah psykotropika gol I yaitu ecstasy dan psykotropika gol II yaitu sabu-sabu.

Efek yang ditimbulkan dari psytropika adalah efek farmakologi. Efek tersebut ecstasy tidak hanya bersifat stimulant tapi juga mempunyai sifat halusinogenik yaitu menimbulkan khayalan-khayalan nikmat dan menyenangkan, Demikian salah satu paparan yang disampaikan Kompol Susiana Soeganda, S.H.. Sedangkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba secara lebih detail disampaikan oleh Bapak H. Rohmat Minto, S.H., M.H..

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel