TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Ceramah Pembekalan Wadankodikau Di Wingdiktekal

By 09 Mar 2017Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Kunjungan kerja Wadankodikau Marsma TNI Agus Sudarya beserta rombongan disambut Komandan Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan Kolonel Tek V. Andy P.S.,S.H. Para kadis, danskadik,perwira Di ruang Komandan Wingdiktekkal, Rabu ( 18/5 ).

kunjungan kerja Wadankodikau dalam rangka , silaturahim sekaligus memberikan ceramah pembekalan kepemimpinan dan keteladanan yang di ikuti seluruh anggota Wingdiktekkal ,Skadik jajaran dan seluruh siswa bertempat di hanggar Skadik 303.

Materi ceramah yang di sampaikan antara lain sbb :

ada 8 ( Delapan ) Sikap seorang pemimpin untuk dapat memberikan keteladanan,seorang pemimpin harus :

1.Memiliki rasa tanggung jawab

Ia tidak hanya ” asal perintah ” tetapi harus ikut bertanggung jawab atas apa yang di lakukan oleh anak buahnya,saat terjadi kesalahan dalam suatu organisasi ia sering kali menjadi ” tameng “.kesalahan yang dilakukan bawahan menjadi tanggung jawab pimpinan karena sebelum melakukan sesuatu ,bawahan harus mendapat ( training) dari pimpinan.

2.Mengesampingkan kepentingan pribadi

pemimpin yang baik tidak boleh hanya untuk kepentingan pribadi bahkan,tak jarang kepentingan pribadi itu harus dikorbankan demi kepentingan organisasi yang dipimpinnya.

3.Memiliki sikap melayani

makin tinggi jabatan sesorang,makin banyak pula orang yang dipimpinnya artinya,semakin beragam pula kepentingan orang yang harus dipikirkan dan dilayani ( Internal cautomer ) .karena itu seorang pemimpin yang baik harus memiliki sikap rendah hati yang lebih baik.

4.Kesetiaan memiliki nilai yang sangat tinggi

timbal balik kesetian antara pemimpin dan bawahan dapat diukur dari seberapa jauh mereka saling memberikan dukungan saat keadaan baik ataupun buruk,dukungan itu dapat berupa moral maupun material.

5.Kepemimpinan = Intuisi ( perasaan ) dan Nalar ( pikiran )

pemimpin yang baik harus mempertimbangkan pendapat-pendapat bawahan yang baik,ia tidak segan untuk menerima pendapat tersebut.

seorang pemimpin tidak harus menjadi ” Superior “

pemimpin yang baik tidak bersifat kaku dan arogan

jika pemimpin melakukan kesalahan dia harus berani mengakui dan tanpa ragu meminta maaf,walau dengan begitu ia harus mengorbankan harga dirinya.

6.Banyak bekerja,sedikit bicara

banyak orang menguasai teori tetapi tidak dapat menerapkan secara nyata, seorang pemimpin yang baik tidak hanya menguasai teori,tetapi juga bisa mempraktekkan itu sehingga dapat diikuti oleh bawahan.

7.Menjadi motivator yang baik

ada kalanya bawahan mengalami penutunan motivasi yang mempengaruhi organisasi.

seorang pemimpin yang baik harus bisa memotivasi dan meningkatkan kembali gairah bawahannya,tidak ada istilah ” penurunan motivasi ” di kamus seorang pemimpin yang baik.

8.Bekerja sama denga orang lain

anak buah adalah rekan kerja dalam organisasi,bukan semata-mata bawahan,karena bagaimanapun seorang pemimpin tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain termasuk bawahan.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Ceramah Pembekalan Wadankodikau Di Wingdiktekal