Berita

Ceramah Pengetahuan Zoonosis Bagi Personel Lanud Halim

Dibaca: 66 Oleh 05 Jun 2015Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Mayor Kes Muroji, AMK mewakili Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) “dr Esnawan Antariksa”, Kolonel Kes dr. Didik Kestito, Sp.U.,  membuka kegiatan ceramah kesehatan bagi personel Lanud Halim Perdanakusuma di Ruang Serbaguna Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (4/6).   Ceramah merupakan program rutin RSAU bertujuan untuk mewaspadai para personel TNI Angkatan Udara dan lingkungannya agar kondisi kesehatan senantiasa terpelihara Dan terjaga dengan baik. 

Ceramah disampaikan PNS IV A Drh. Haryati, yang merupakan dokter pada klinik hewan RSAU memaparkan macam-macam penyakit yang ditularkan oleh binatang (zoonosis) kepada manusia.     Menurut Dokter yang sudah mengabdi selama 24 tahun ini, ada empat penyebabzoonosis yaitu bakteri, jamur, parasit dan virus. Sedangkan media penularannya antara lain melalui makanan, kontak dengan hewan, udara dan hewan pembawa penyebab penyakit.  Hewan-hewan yang rawan sebagai penular penyakit zoonosis antara lain sapi, babi, anjing, tikus, kucing, nyamuk, kelelawar dan lainnya.  Oleh karena itu, diharapkan setiap personel mewaspadai penyebab dan media penularan zoonosis.   

Baca juga:  PIA AG LANUD SOEWONDO ADAKAN PERTANDINGAN BOLA VOLLY ANTAR SATUAN KEDINASAN

Ditambahkan pula oleh dokter hewan lulusan IPB tahun 1987 ini, terdapat berbagai macam penyakit zoonosis seperti bruselosis, antrak, leptospirosis, taksoplasmosis dan taeniasis. “Masing-masing penyakit menular melalui media yang berbeda-beda, untuk itu perlu diketahui tanda-tandanya apabila kita kontak dengan hewan yang ada berpotensi menularkan penyakit,” ujarnya. Oleh karena itu, dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari agar membiasakan diri untuk cuci tangan secara higinis dengan menggunakan sabun juga mencuci bahan makanan dengan bersih dan menerapkan pola hidup bersih, sehat dan teratur di lingkungannya masing-masing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel