Berita

CHARACTER BUILDING SMKN 2 TARAKAN DI LANUD TARAKAN

Dibaca: 23 Oleh 21 Okt 2013Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebanyak 600 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Tarakan melaksanakan pendidikan karakter (Character Building) di Lanud Tarakan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMKN 2 Kota Tarakan kelas 1 mulai dari kejuruan Elektronika, Bangunan, Teknik Otomotif dan Teknik Informatika, Kegiatan ini berlangsung 3 hari mulai Senin 21 s/d 23 Oktober 2010.

Pelaksanaan pendidikan karakter ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan, kemandirian, kepercayaan, mental serta pembentukan karakter bagi para siswa/siswi yang SMKN 2 Tarakan. Sebelumnya kegiatan materi kelas berlangsung di Gedung Serbaguna SMKN 2 Tarakan yang diisi oleh Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Bambang Juniar Djatmiko S.Sos dengan materi Empat Pilar Kebangsaan dengan tujuan memberi pemahaman tentang kepemimpinan, kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, serta pemberian materi Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 2 Tarakan Bpk Pascalis Gah Spd “ Tujuan utama kami mengadakan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa/siswi tentang perlunya materi empat pilar kebangsaan, kepemimpinan serta pengenalan lingkungan yang kemudian di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal di masa yang akan datang”

Baca juga:  TINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONEL DALAM MENEMBAK LARAS PANJANG

Hal tersebut juga di benarkan Komandan Pangkalan TNI AU Tarakan Letkol Pnb Bambang Juniar D.,S.Sos dalam materi kuliahnya mengatakan “ Sebagai generasi penerus adik-adik mahasiswa harus memahami empat pilar kebangsaan serta peranannya, kalian adalah generasi pelanjut serta ujung tombak di wilayah perbatasan jangan sampai karena berada di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga hingga tidak memahami empat pilar kebangsaan”. Ungkap Danlanud Tarakan di selah-selah kegiatan.

Selain pemberian materi empat pilar kebangsaan kepada para siswa/siswi juga di berikan materi tentang potensi pembinaan dirgantara di Kota Tarakan serta pengenalan dan pengetahuan tentang TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Tarakan. Pada kegiatan ini juga diadakan sesi tanya jawab, dan siswa/siswi juga sangat antusias bertanya tentang sejarah, pendidikan, cara mendaftar di TNI Angkatan Udara serta pertanyaan tentang alutsista TNI Angkatan Udara.

Dalam kegiatan ini lima pengasuh dan pembina materi kelas dan lapangan dari Lanud Tarakan adalah : Kapten Lek Andryan Hermawan, Letda Tek Edi Susianto, Serka Aan Ropiana, Sertu Heri Murtowo dan Prada eko Priyono yang memberikan materi baris berbaris, sikap disiplin, latihan penghormatan dan halang rintang.

Baca juga:  Pelangi Nusantara 2019: Para Penerjun Mulai Beraksi di Udara

Dengan adanya kegiatan pendidikan karakter ini diharapkan dapat terbentuk mental serta kepribadian sebagai seorang calon pemimpin di masa yang akan datang. Ini dikarenakan Kita Tidak bisa dipungkiri masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tuanya mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri. Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Bagi siswa kalangan menengah kemandirian adalah sesuatu hal yang perlu di perjuangan. Karena untuk menjadi mandiri ditengah fasilitas yang serba disediakan adalah perjuangan yang sangat berat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel