Berita

Coffee Morning Mabesau

Dibaca: 9 Oleh 12 Nov 2014Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kondisi geografis Indonesia yang unik dan strategis menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki perbatasan laut dan darat secara langsung dengan banyak negara tetangga. Keadaan ini menjadikan Indonesia rentan terhadap sengketa perbatasan dan ancaman yang dapat menyebabkan instabilitas keamanan dalam negeri. Terkait dengan hal tersebut, dilakukan modernisasi alutsista untuk mendukung pemantauan sekaligus menjaga setiap wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga.

Demikian sambutan Irjenau Marsda TNI JFP. Sitompul pada acara coffee morning yang dilaksanakan di Auditorium Mabesau, Cilangkap, Rabu (12/11) dan diikuti oleh pejabat TNI AU berpangkat Kolonel keatas.

Secara konsep dan desain, sumber daya manusia industri pertahanan Indonesia tidak kalah dengan sumber daya manusia asing seperti halnya proyek pesawat tempur yang sedang dikembangkan. Namun ketika memasuki tahap produksi, besarnya komponen impor masih menjadi kendala dalam mengasilkan produk yang memiliki daya saing tinggi.

Namun demikian, upaya modernisasi Alutsista yang dilakukan terkendala dengan terbatasnya anggaran. Untuk menyiasati hal tersebut agar modernisasi Alutsista dapat terwujud, disesuaikan dengan pagu anggaran yang telah dialokasikan pemerintah dengan menggandeng industri pertahanan dalam negeri.

Baca juga:  Lanud El Tari Anjangsana ke Panti Asuhan

Pada kesempatan coffee morning tersebut, diisi dengan paparan oleh Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D mengenai pengembangan pesawat tanpa awak dan mikro satelit yang telah diuji cobakan di Jepang beberapa waktu lalu.

Josaphat Tetuko yang merupakan pimpinan Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory, Chiba University, Jepang ini mengembangkan perangkat penginderaan jarak jauh menggunakan gelombang mikro. Perangkat yang dikembangkannya ini dapat digunakan untuk operasi di permukaan bumi dengan ketinggian tertentu maupun untuk misi ruang angkasa.

Hadir pada acara tersebut Asrena Kasau Marsda TNI Mawardi, Aspam Kasau Marsda TNI Zulhasymi, Aspers Kasau Marsda TNI Herry Wibowo Eslah, dan Aslog Kasau Marsda TNI Sudipo Handoyo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel