Berita

CREW SKADRON UDARA 2 LANUD HALIM MENDUKUNG LATGAB TNI 2014

Dibaca: 32 Oleh 05 Jun 2014Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Crew Pesawat Udara CN 295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma turut berperan dalam mendukung jalannya Latihan Gabungan (Latbag) TNI tahun 2014 di Asembagus, Situbondo pada 4 Juni 2014. Crew Skadron Udara 2 termasuk sebagai Unsur Angkut, Satuan Tugas Dukungan Tempur (Satgasdukpur) yang bertugas melaksanakan beberapa operasi seperti Operasi Pengungsian Medis Udara, Operasi Angkutan Udara, Operasi Patroli Udara dan lainnya.

Menurut Komandan Skadron Udara 2 Letkol Pnb Destianto Nugroho Utomo pada tanggal 2 Juni atau H-2, crew Skadron Udara 2 telah melaksanakan Operasi Dukungan Udara berupa penerjunan Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL) dan pasukan tempur amphibi. Penerjunan 25 peterjun Paskhas sebagai pasukan KDOL dilaksanakan pukul 22.30 WIB dan 15 peterjun tempur amfibi dari Marinir pada ketinggian 6000 feet di wilayah musuh menggunakan CN 295 bernomor A-2903, diawaki Letkol Pnb Lilik Eko Susanto, Mayor Pnb Dhian Rahmat dan Kapten Pnb Ari Wicaksono dari Pangkalan Aju di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Ditambahkan penerjunan KDOL diawali dengan briefing kepada para pendukung penerjunan, crew dan peterjun oleh Kepala Staf Komando Tugas Udara Gabungan (Kaskogasudgab) Marsma TNI Sungkono, MSi, disaksikan Poskotis Kogasudgab via Vicomm. Pesawat berangkat menuju sasaran pada 21.40 WIB untuk melaksanakan misi secara, cepat, tepat dan senyap di dalam kegelapan malam dengan membatasi komunikasi dan lighting agar tidak termonitor musuh.

Baca juga:  SHOLAT IDUL ADHA 1432 H DI LANUD SUPADIO

Selanjutnya, tim KDOL melaksanakan konsolidasi dan segera menyiapkan pengendalian penerjunan Lintas Udara dan tim Tempur Amfibi menyiapkan untuk pendaratan Amfibi pada waktu yang telah ditentukan. “Tugas penerjunan dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga A-2903 kembali ke Lanud Abdurahman Saleh,”ujar Komandan Skadron 2.

Pada hari H-1, Unsur Angkut Satgasdukpur melaksanakan Penerjunan Pasukan Khusus di daerah Asembagus meliputi 15 prajurit Satuan Bravo,15 prajurit Denjaka dan 15 prajurit Satuan Gultor pada pukul 20.00 Wib menggunakan CN 295 bernomor A-2904 dengan diawaki Mayor Pnb Alfian, Kapten Pnb Armin dan Kapten Pnb Anto. Penerbangan dilaksanakan pada pukul 19.10 WIB dalam kondisi yang hujan lebat dari Pangkalan Aju dengan ketinggian 6000 feet. “Pada tugas ini crew Skadron Udara 2 juga dengan profesional dapat melaksanakan misi dengan baik dan lancar, pasukan khusus selanjutnya melaksanakan infiltrasi ke objek-objek vital musuh,” tegas Letkol Pnb Destianto Nugroho Utomo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel