TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Cross Country Fasi DIY tempuh jarak 300 Km

By 27 Oct 2014 Berita
BAE-IAF_0214

Menggunakan 2 pesawat Trike dan 2 pesawat Fixed Wing Jogja Flying Club (JFC) dibawah Fasi Yogyakarta mengasah kemampuan dengan bernavigasi jarak jauh ke Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Jumat (24/10). Selain itu tujuan yang lain dengan diadakannya cross country pesawat ini adalah untuk lebih mendekatkan peminat olah dirgantara baik yang berada di DIY maupun di daerah Jawa Timur khususnya Malang. 

Keberangkatan mereka bernavigasi dilepas oleh Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Yadi Indrayadi Sutanandika, M.S.S, didampingi Kadispers Lanud Adisutjipto Letkol Pnb Arief Hartono dan Kasi Binpotdirga Lanud Adisutjipto Letkol Kes DR Yulianto Hadi, MM.  Saat melepas Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa navigasi udara jarak jauh mengunakan Trike dan Fixed Wing Swayasa adalah untuk meningkatkan ketrampilan para atlet Fasi DIY. Diharapkan ketrampilan yang diperoleh dapat bermanfaat dalam mendulang prestasi di kejuaraan-kejuaraan kedirgantaraan di masa mendatang.  Di Malang mereka juga akan mengikuti ujian untuk mendapatkan Sport Pilot License dari DKPPU, Kemenhub.  Hal ini sangat positive mengingat 2015 merupakan tahun dimulainya Asean Open Sky Policy dimana kita harus menyiapkan setiap aspek memiliki standard tinggi, demikian menurut penuturan Dan Lanud.

Menurut Kasi Binpotdirga Lanud Aisutjipto Letkol Kes DR Yulianto Hadi, MM rute Cross Country kali ini sengaja menggunakan rute selatan dengan faktor kesulitan medan bergunung di daerah Pacitan dan menyisiri pantai yang minim fasilitas pendaratan. Rute ini sengaja diambil selain indah alamnya juga salah satu  cara untuk mengetahui seberapa jauh ilmu membaca medan dan navigasi udara yang telah dipelajari  dihadapkan dengan kondisi yang sebenarnya. Penerbangan ini merupakan penerbangan yang menantang, dan pernah dilakukan tahun lalu namun kurang bisa berjalan mulus karena factor cuaca. Dan untuk tahun ini kita berharap kegiatan ini dapat berjalan baik dan sesuai rencana. Cross Country akan mengambil rute Adi-Gading-Wonogiri-Pacitan-Trenggalek-Blitar-Kepanjen-Malang.

Berturut turut anggota Fasida yang akan meramaikan cross country dari Fixed wing adalah Aqsa dengan Agung registrasi pesawat PKS-252, Faslan dengan Okky menggunakan pesawat dengan registrasi PKS-220, Heri setiawan dengan Heri Rudianto mengunakan pesawat Fixed Wing registrasi PKS 711.

Letkol Kes DR Yulianto Hadi, MM juga menambahkan Menurut rencana jarak 300 Km ini akan ditempuh dalam waktu 3 jam. Dengan ketinggian mencapai 1500-3000 Feet dengan kecepatan 80 km/jm. Sesuai flight plan, estimate Abd 10.00 Wib. Di Lanud Abdurahman Shaleh akan bergabung dengan komunitas Fasida Jawa Timur. Cross Country ini akan kembali dari Lanud Abdurahman Saleh  diperkirakan tanggal 26/10 take off pukul 06.30 Wib.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Cross Country Fasi DIY tempuh jarak 300 Km