halaman

DAFTAR PENGERTIAN

Dibaca: 2369 Oleh 10 Jan 2010Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Alutsista Udara.    Alat utama sistem senjata udara adalah hardware, software dan metode yang dimiliki Angkatan Udara berupa alat-alat penting seperti pesawat terbang, peluru kendali, senjata perorangan, radar dan pangkalan udara serta piranti lunak untuk melaksanakan tugasnya.  

 

Angkutan Udara.     Angkutan udara dimaksudkan untuk mengerahkan dan memindah-kan manusia dan barang ke lokasi yang relatif jauh dengan cepat, baik didaratkan ataupun diterjunkan.  Kemampuan angkutan udara ini dapat digunakan untuk kepentingan OMP maupun OMSP.  

 

Bare Base Concept.   Bare Base Concept adalah suatu konsep penyiapan pangkalan udara dengan dukungan fasilitas serta pengawakan minimal, yang sewaktu-waktu dibutuhkan dapat ditingkatkan dengan cepat sehingga mampu mendukung suatu operasi udara.

 

Doktrin.   Doktrin adalah segenap piranti lunak yang melandasi pola sikap dan pola tindak pembinaan maupun penggunaan TNI, mulai dari yang bersifat konsepsional-falsafati sampai dengan yang bersifat operasional implementatif, dan mulai dari yang berjudul doktrin sampai dengan yang berjudul buku petunjuk.

 

Hakikat ancaman.    Hakikat ancaman adalah merupakan spektrum ancaman yang cukup luas, dari yang berintensitas rendah dalam bentuk kejahatan kriminal, sabotase, dan subversi sampai dengan yang berintensitas tinggi dalam bentuk pemberontakan bersenjata, perang terbatas dan perang terbuka baik dengan menggunakan senjata konvensional maupun dengan penghancuran massal.

 

Kedaulatan.   Kekuasaan yang dimiliki oleh suatu negara untuk memerintah dirinya atau bangsa lain.   Dalam hukum internasional istilah ini berarti bahwa suatu negara diakui oleh negara-negara lain.   Pengakuan itu meliputi hak negara itu sebagai satu-satunya pemilik yurisdiksi atas wilayah di dalam perbatasan yang disepakati dan rakyatnya yang tinggal di wilayah itu.

 

Kekuatan Udara (Air Power).   Kekuatan udara adalah kemampuan total bangsa dalam menggunakan media udara sebagai sarana bagi pencapaian kepentingan nasional.

Baca juga:  MESS RAJAWALI

 

Komando.   Komando adalah wewenang seorang komandan dalam dinas militer yang digunakan secara sah menurut hukum atas bawahannya berdasarkan pangkat atau penugasan.  Komando meliputi pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian kekuatan militer demi terlaksananya misi-misi yang ditentukan.

 

Kendali.   Kendali  merupakan wewenang yang diberikan kepada seorang komandan atas bagian dari kegiatan bawahan atau organisasi lainnya yang berada di luar  komandonya yang mencakup tanggung jawab untuk melaksanakan perintah atau arahan.    Seluruh atau sebagian kewenangan ini dapat dialihkan atau dilimpahkan.

 

Komando dan Kendali.   Komando dan kendali disingkat Kodal adalah proses dan sarana bagi pelaksanaan wewenang dan arahan seorang Komandan yang ditunjuk atas kekuatan yang diberikan kepadanya untuk melaksanakan misi.

 

Kesiapan.   Kesiapan adalah tersedianya pesawat udara bersenjata secara cepat dan dalam waktu siaga singkat siap untuk menanggapi gangguan dalam ruang udara nasional oleh pesawat udara yang melakukan misi-misi permusuhan secara terbuka atau operasi pengamatan.

 

Keunggulan Udara.   Keunggulan udara adalah kondisi pengendalian udara di suatu mandala operasi dimana pada suatu rentang waktu tertentu dapat dilaksanakan operasi-operasi oleh kekuatan darat, laut maupun udara tanpa mengalami ancaman berarti dari unsur-unsur penyerang udara lawan.

 

Misi.    Suatu misi adalah satu tugas yang harus dilaksanakan sebagai bagian dari satu kampanye militer.    Arti lain, satu atau dua pesawat dalam satu tugas tertentu, misalnya Combat Air Patrol (CAP).  

 

Operasi.     Operasi adalah  :

 

a. Himpunan menyeluruh dari strategi, taktik, logistik, intelijen, dan K3I yang saling mengadakan interaksi menurut perspektif komando dan menejemen tertentu dalam rangka melaksanakan pertahanan tugas pertahanan udara.

b. Pekerjaan, gerakan, tindakan dan aksi yang dilakukan secara fisik dan terpimpin dengan waktu yang singkat pada satu tujuan tertentu guna memperoleh efek penghancuran, melumpuhkan, mencegah, membinasakan atau meniadakan.

Baca juga:  Alumni AAU Angkatan 1977

c. Kegiatan militer bila pelaksananya sewaktu-waktu dapat terancam bahaya karena keadaan politik, militer, dan sosial di tempat operasi.  Pemeliharaan perdamaian termasuk operasi militer.

 

Operasi Militer Untuk Perang.   Operasi militer untuk perang adalah operasi militer dalam menghadapi kekuatan lawan.

 

Operasi Militer Selain Perang.   Operasi militer selain perang adalah operasi militer yang dilaksanakan bukan dalam rangka perang.

 

Operasi Udara.   Operasi Udara adalah :

 

a. Bentuk operasi dengan menggunakan unsur-unsur kekuatan udara untuk mencapai suatu tujuan yang ditentukan.

b. Suatu operasi yang dilakukan di udara, termasuk perencanaan dan kegiatan lainnya yang merupakan bagian takterpisahkan dari tindakan udara.   Juga, secara terbatas, bagian dari tindakan ini yang menangani tahap penerbangannya saja.

 

Pembinaan.  Pembinaan adalah segala usaha dan kegiatan yang dilakukan berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pembangunan, pengarahan, penggunaan, serta pengendalian sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

 

Pembinaan Kemampuan.   Pembinaan kemampuan adalah upaya mengubah atau membangun kecakapan dan atau kesanggupan melaksanakan kegiatan secara bertahap dan berlanjut sehingga menjadi lebih baik.

 

Pemeliharaan Perdamaian.   Tindakan militer oleh pihak ketiga, yang pelibatannya disepakati oleh pihak-pihak yang berperang.  Tujuan minimumnya adalah untuk menghilangkan ketegangan.

 

Pemberontakan Bersenjata.     Suatu gerakan bersenjata yang melawan pemerintah yang sah.

 

Penangkalan.  Pencegahan tindakan bermusuhan negara lain melalui ancaman pembalasan.   Tujuannya adalah menyadarkan negara lain itu bahwa memikirkan kegiatan-kegiatan ini tidak termasuk dalam kepentingannya.

 

Pencarian dan Pertolongan.   Pencarian dan pertolongan adalah kegiatan dari Operasi SAR Tempur dan Operasi Dukungan Udara.  Dalam SAR tempur, pencarian dan pertolongan dilakukan terhadap korban pertempuran yang memiliki nilai strategis di daerah lawan sehingga diperlukan perlindungan udara (Escort atau Air Cover) dalam pelaksanaannya.    Adapun dalam pencarian dan pertolongan dalam rangka operasi dukungan udara dilaksanakan untuk mendukung kelancaran tugas operasi kekuatan darat, laut dan udara sehingga tidak diperlukan perlindungan udara dalam pelaksanaannya.

Baca juga:  LAPANGAN BADMINTON

 

Penggunaan Kekuatan.    Penggunaan kekuatan adalah tindakan operasi  militer guna mencegah, menangkal, dan menindak setiap ancaman dengan memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan kekuatan melalui aturan yang dilandasi oleh legitimasi politik dan payung hukum.

 

Penguasaan Udara.   Penguasaan udara adalah kondisi pengendalian udara di mana penggunaan media udara sama sekali bebas dari kemungkinan ancaman unsur-unsur penyerang udara lawan.

 

Pengisian Bahan Bakar di Udara.  Pengisian bahan bakar dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pesaat udara agar dapat beroperasi lebih jauh dan lebih lama dengan muatan lebih banyak.

 

Pengintaian dan Pengamatan Udara.   Pengintaian dan pengamatan udara dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan tentang keadaan musuh untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas operasi.

 

Pencarian dan Pertolongan. Pencarian dan pertolongan terhadap korban pertempuran yang bernilai strategis dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung kelancaran tugas operasi kekuatan darat, laut, dan udara.

 

Perang Elektronika.   Perang elektronika dilaksanakan dengan pemanfaatan spektrum elektromagnetik secara efektif untuk mendukung keberhasilan operasi dan mencegah efektivitas penggunaannya oleh musuh.

 

Sistem Senjata.   Sistem senjata adalah suatu kombinasi satu senjata atau lebih dengan semua perlengkapan, materiil, jasa, personel, dan sarana angkutan dan penggelaran yang diperlukan bagi kemandirian.

 

Sistem Peringatan Dini dan Pengendalian Operasi Dari Udara.    Pengoperasian sistem peringatan dini dan pengendalian operasi dari udara dapat meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasi udara baik bersifat defensif maupun ofensif.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel