Berita

Dalam rangka Lanud Roesmin Nurjadin Gelar Latihan Kamhanlan

Dibaca: 2 Oleh 02 Mar 2015Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan seluruh personel dalam mempertahankan dan mengamankan Lanud Roesmin Nurjadin serta menguji prosedur operasi tetap pengamanan dalam mengatasi berbagai ancaman, personel Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan latihan keamanan dan pertahanan pangkalan di sekitar wilayah Lanud Roesmin Nurjadin, Jumat (27/2).

Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis yang turut mengawasi seluruh rangkaian kegiatan latihan menyampaikan bahwa, latihan ini bertujuan untuk memantapkan kemampuan personel Lanud Roesmin Nurjadin dalam melaksanakan operasi keamanan dan pertahanan pangkalan.

Pada latihan Kamhanlan ini diasumsikan adanya sekelompok teroris yang akan menyabotase Skadron Udara 12 dan Skadron udara 16. Informasi ini didapat dari laporan Intelijen, yang menyampaikan bahwa, ada sekelompok orang bersenjata yang akan melaksanakan sabotase yang akan melakukan penyerangan terhadap Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin. Berdasarkan data intelijen tersebut, diperintahkan satu kompi taktis Lanud Rsn untuk melaksanakan penghadangan dan penyergapan.

Diawali dengan Briefing Komando yang dipimpin oleh Komandan Kompi Taktis, maka disusunlah rencana penyergapan dengan melibatkan tiga pleton pasukan. Setelah melaksanakan Briefing dengan para komandan pleton, satu kompi pasukan taktis langsung melaksanakan patroli menuju daerah persiapan yang telah ditentukan.

Baca juga:  BUDAYAKAN BERPIKIR SEBELUM BERTINDAK

Komandan Pleton 1 dan pleton II langsung melaksanakan penyergapan terhadap musuh sebelum mereka memasuki wilayah Ksatrian Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16. Sementara Pleton III menutup jalan-jalan pendekat agar bantuan musuh tidak dapat membantu. Dalam penyergapan ini Kompi Taktis berhasil melumpuhkan 11 orang musuh dan menyandera 2 orang. Sedangkan material yang di dapat adalah 13 pucuk senjata laras panjang, 10 detonator dengan 6 bahan peledak dan sejumlah peralatan lainnya seperti obeng, tang dan plaster untuk pemasangan bahan peledak.

Setelah berhasil melumpuhkan musuh, seluruh pasukan melaksanakan konsolidasi yang bertujuan untuk memeriksa pasukan beserta perlengkapannya.

Kegiatan latihan Keamanan dan Pertahanan Pangkalan (Kamhanlan) diikuti oleh 116 personel dari Lanud Roesmin Nurjadin sebagai pasukan kompi taktis, 20 personel sebagai pelatih dari Yonko 462 Paskhas dan 15 personel sebagai staf Kolat serta 11 personel pendukung.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel