Berita

DAN LANUD HUSEIN SASTRANEGARA BERTINDAK SEBAGAI IRUP DI AWAL TAHUN 2012

Dibaca: 9 Oleh 17 Jan 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Penerbang Umar Sugeng Hariyono, S.IP., SE., MM., mengawali tahun 2012 bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara bulanan setiap tanggal 17 di lapangan apel Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara, Selasa (17/1).

Danlanud membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., yang mengungkapkan bahwa pada saat ini TNI berada pada “Masa Awal”, dari progran kerja dan anggaran tahun 2012, yang ditandai dengan pelaksanaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2012 pada tanggal 10, 20 dan 21 Januari 2012. “Melalui Rapim TNI ini, akan ditetapkan pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2012, yang berkaiatan dengan pembangunan kekuatan pokok minimum dan reformasi birokrasi TNI”, jelasnya.

Untuk itu, Panglima meminta kepada seluruh unsur pimpinan TNI maupun di lingkungan angkatan, kiranya dapat memberikan bahan-bahan pemikiran yang relevan demi berhasil dan suksesnya Rapim TNI tahun 2012 ini.

Panglima mengingatkan pula bahwa pengaruh dinamika lingkungan strategis saat ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengarush terhadap pertahanan negara, seperti pada lingkup global, meliputi aksi terorisme internasional, kelangkaan energi, pemanasan global, persaingan pembangunan kekuatan militer di dua negara konflik dan peperangan yang bersifat asimetris.

Baca juga:  Warga Lanud Surabaya Ziarah Ke TMP

Demikian juga halnya dengan perkembangan lingkungan regional, diantaranya berkaitan dengan permasalahan di perbatasan dengan negara tetangga. Kejahatan lintas negara (perompakan), Human trafficking, illegal logging, illegal fishing dan kegiatan illegal lainnya, pelanggaran wilayah dan jaminan keamanan jalur perhubungan laut internasional dan jalur perdagangan laut internasional.

Sedangkan perkembangan lingstra nasional, diantaranya masih adanya gerakan bersenjata OPM, kerusuhan Horizontal, aksi kelompok radikal dan bencana alam. “ Itu semua merupakan ancaman dan tantangan nyata saat ini, yang harus segera kita antisipasi dampaknya terhadap stabilitas nasional Indonesia”, tandas Panglima.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel