TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Dan Skadron Udara 1 Ajak Keluarga Besar Tingkatkan Ketakwaan

By 05 Jun 2018Berita
DSC_4474
TNI AU.   Komandan Skadron Udara (Skadud) 1 Elang Khatulistiwa Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, Letkol Pnb Supriyanto, mengajak anggota untuk terus meningkatkan ketakwaan. Ajakan tersebut disampaikan saat buka puasa bersama, Senin (4/6/2018).
Kegiatan dengan tema “Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama Warga Skadron Udara 1” tersebut, berlangsung di Hanggar Pewasat Hawk 100/200. Buka puasa bersama ini, dihadiri seluruh keluarga besar Skadron Udara 1 dan Lanud Supadio.
Adapun pejabat yang hadiri di antaranya adalah Komandan Wing (Danwing) Udara 7 Kolonel Pnb Setiawan, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Kepala Dinas Personel (Kadispers) Kolonel Pnb Sidik Setion.
Kemudian hadir pula para Komandan Satuan (Dansat), yaitu Dansat Polisi Militer Lanud Supadio (Dansatpomau) Letkol Pom Hary M Ambon, Danskadron Udara 51 Letkol Pnb Arie Sulanjana, Dandenhanud 473 Paskhas, Letkol Pas Rudi H Aritonang dan Danyon 465 Paskhas Nevi D Hutagalung.
Dalam sambutannya, Danskadron Udara 1, Letkol Pnb Supriyanto menjelaskan, buka puasa bersama merupakan wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat yang dilimpahkan-Nya. Selain itu, buka bersama dijadikan sarana meningkatkan kebersamaan dengan keluarga besar Skadron Udara 1 dan Lanud Supadio secara umum.
“Dengan melaksanakan kewajiban ibadah puasa Ramadan, maka diharapkan jalinan silaturahmi semakin meningkat. Silahturahmi juga bisa meningkatkan ketakwaan, yang merupakan inti makna puasa,” paparnya.
Oleh karena itu, lanjut Letkol Pnb Supariyano, silahturahmi bisa mengeratkan kebersamaan, persatuan, dan kesatuan di antara warga Skadron Udara 1, Lanud Supadio, dan masyarakat.
Skadron Udara 1, ujar Letkol Pnb Supriyanto, merupakan satuan tempur di Lanud Supadio, yang punya posisi strategis. Mengawaki pesawat Hawk 100/200, seluruh personilnya selalu siap siaga dalam menjaga keamanan dan keadaulatan langit Bumi Khatulistiwa.
“Dengan terus menjaga silahturahmi melalui buka bersama, maka keimanan dan ketakwaan kita bisa terus diperbaiki. Sehingga muaranya adalah peningkatkan semangat kinerja dan profesionalitas, bisa terwujud,” kata perwira menengah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000 tersebut.
Buka bersama warga Skadron Udara 1, diawali dengan pembacaan ayat suci al quran. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Danskadron tausiyah Ramadan oleh Ustadz Drs. H.M. Paino
Dalam ceramanya, Ustadz menyampaikan tentang hikmah buka bersama di bulan Ramadan. Ia menjelaskan tentang manfaat silaturahmi, berkah puasa Ramadan, dan hakekat mempererat tali persaudaraan.
“Bagi yang memanjangkan silaturahmi, maka akan mendapatkan kelapangan rezeki, dipanjangkan umur, dan menjadi kunci surga,” kata Ustadz Drs. H.M. Paino
Tentang hikmah berbuka puasa bersama di bulan Ramadan, Ustadz Drs. H.M. Paino menjelaskan berbagai manfaatnya, salah satunya adalah keselamatan dan kemenangan yang kekal abadi bersama Allah SWT.
“Puasa menghindarkan dari api neraka, memberi maghfiroh, dan rahmat Allah SWT yang tidak ada putusnya. Oleh karena itu, bulan Ramadan disebut bulan yang penuh berkah,” tuturnya. Buka puasa bersama warga Skadron Udara 1 diakhiri dengan makan bersama, yang sebelumnya diselenggarakan solat Maghrib berjamaah.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Dan Skadron Udara 1 Ajak Keluarga Besar Tingkatkan Ketakwaan